• Breaking News

    "BANGGA Papua" Wujudkan Generasi Emas

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua memiliki Program perlindungan sosial yang dinamakan Bangun Generasi dan Keluarga Sejahtera atau lebih dikenal dengan istilah "BANGGA Papua".
    .
    BANGGA Papua merupakan salah satu terobosan kebijakan strategis daerah yang digagas Gubernur Papua Lukas Enembe untuk mewujudkan Generasi Emas anak-anak asli Papua yang sehat, cerdas, dan berkarakter serta dapat turut aktif mengharumkan nama bangsa di mata dunia internasional.


    .
    Gubernur Lukas mengatakan, untuk pertama kalinya dalam pelaksanaan Otonomi Khusus (Otsus) di Papua disalurkan langsung ke tingkat rumah tangga, sehingga pemanfaatannya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Papua.
    .
    "BANGGA Papua adalah program perlindungan sosial bagi orang asli Papua, yang merupakan salah satu terobosan yang kami lakukan dalam pemanfaatan dana otonomi khusus dan merupakan program kontekstual Papua sesuai dengan tantangan dan kondisi pembangunan di Papua," kata Lukas merefleksi program yang sudah berjalan kurang lebih dua tahun itu.
    .
    Program perlindungan sosial ini dilaksanakan dalam skema pemberian bantuan dana tunai sebesar Rp200 ribu per bulan per anak kepada anak-anak asli Papua dengan usia di bawah empat tahun. Dana bantuan ini ditujukan untuk pembelian bahan pangan bergizi untuk mendukung tumbuh kembang anak.
    .
    Sumber dana untuk program ini adalah dari dana Otsus dan disalurkan langsung dari Bank Papua ke rekening ibu atau wali yang sah dari anak-anak di bawah usia 4 tahun ini.
    .
    Penyaluran dana bantuan tersebut juga disertai dengan edukasi menyeluruh terkait cara pemenuhan gizi yang benar dan cara peningkatan akses anak terhadap layanan kesehatan.
    .
    Tujuan Edukasi ini agar masyarakat dapat memahami cara pemanfaatan dana bantuan dengan benar, serta menyasar pada perubahan cara pikir masyarakat agar dapat memprioritaskan penggunaan dana hanya untuk kebutuhan anak mereka.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer