• Breaking News

    Kembali ke NKRI, Mantan Anggota OPM Diberi sebagai Petugas Satpol PP hingga Perawat

    Kembali ke NKRI, Mantan Anggota OPM Diberi sebagai Petugas Satpol PP hingga Perawat

    Sudah 458 mantan anggota Organisasi Papua Merdeka ( OPM) yang menyatakan diri kembali ke NKRI dan kemudian diberdayakan melalui berbagai macam pekerjaan.
    .
    Seperti yang diungkapkan oleh Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda, yang mengklaim sudah ada ratusan mantan OPM yang kini memiliki kehidupan lebih baik karena telah mendapat pekerjaan tetap. "Sudah ada ratusan mantan anggota OPM telah dipekerjakan sebagai anggota Satpol PP, pegawai honorer, ASN, dan tenaga perawat," ujar Yuni, melalui rilis, Rabu (12/6/2019).
    .
    Dia mengungkapkan, alasan utama para mantan anggota OPM kembali ke NKRI adalah karena faktor kesejahteraan. Selama ini, terang Yuni, mereka hidup di dalam hutan karena menghindari kejaran aparat. Tetapi, di sisi lain, mereka juga memperhatikan perkembangan pembangunan di tengah masyarakat.
    .
    Hal senada juga sempat disampaikan oleh Kapendam XVII Cenderawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi terkait alasan Telangga Gire, mantan Ajudan Goliat Tabuni, Pemimpin OPM di Puncak Jaya, kembali ke NKRI.
    .
    "Kami tiap hari hanya makan petatas dan keladi ambil dari kebun warga, sementara pembangunan di kampung-kampung dan di kota-kota semakin maju dan warga hidup sejahtera," kata Aidi, menyampaikan perkataan Telangga Gire.
    .
    Menurut dia, Telangga yang memiliki 13 orang anak dari empat istri, ingin bekerja baik-baik dan menyekolahkan seluruh anaknya agar kelak bisa memiliki kehidupan lebih baik. Aidi mengklaim, Telangga juga akan mengimbau mantan rekan-rekannya yang masih berada di hutan untuk segera mengikuti jejaknya agar mereka bisa memiliki kehidupan yang normal.
    .
    Usai menyatakan kesetiaan kepada NKRI, Gire menjelaskan bahwa dirinya merasa terkena tipu oleh Goliat Tabuni.
    .
    "Kami bertahun-tahun hidup menderita di hutan, kepanasan, kedinginan, kehujanan, kelaparan dan lain-lain. Tiap hari hanya makan petatas dan keladi ambil dari kebun warga, sementara pembangunan di kampung-kampung dan di kota-kota semakin maju dan warga hidup sejahtera," ucap Gire. Dengan alasan itu, Telangga dan tiga rekannya memutuskan untuk keluar dari KKB dan bergabung dengan NKRI.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer