• Breaking News

    Program Kotaku Tuntaskan 9 Lokasi Pemukiman Kota Kumuh

    Program Kotaku Tuntaskan 9 Lokasi Pemukiman Kota Kumuh

    Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya merealisasikan program bernama Kota Tanpa Kumuh yang disingkat Kotaku. Program ini fokus pada pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh dengan meningkatkan peran masyarakat dan pemerintah daerah.
    .
    Di Papua, pemerintah menyasar sebanyak 39 kelurahan yang akan dibenahi dengan biaya Rp 3 miliar. "Ada program Kotaku yang dilakukan berbasis masyarakat. Kami libatkan masyarakat untuk membenahi kota mereka sendiri," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
    .
    Saat ini, Kementrian PUPR melalui dinas PUPR kota jayapura telah menuntaskan 9 lokasi pemukiman kota kumuh melalui program kotaku. Kegiatan Kotaku fokus kepada indikator permasalahan kawasan kumuh berdasarkan SK Wali Kota Jayapura.
    .
    Indikator tersebut antara lain, permasalahan ketidakteraturan pembangunan yang masih tinggi, permasalahan sanitasi terutama permukiman di sekitar pesisir laut, di pinggir sungai, di perbukitan dan kawasan padat penduduk lain, serta permasalahan air bersih. Sembilan lokasi program kotaku yaitu Awiyo, Bayangkara, Gurabesi, Hamadi, Imbi Mandala, Tanjungria, Numbay, Waimorok.
    .
    Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM mengatakan Target kami 2020 kota jayapura bebas kumuh dan terealisasi dari tahun 2015 – 2019 dan terjadi pengurangan kota tanpa kumuh yang luasannya semula 107 Ha menjadi 26,45 Ha untuk tahun 2019.
    .
    “Masyarakat merasakan program kotaku, seperti sanitasi air bersih, jalan keramba, pemertiban bangunan di Daerah Aliran Sungai (DAS). Kami berharap program ini semakin dkkembangkan mengingat penduduk kota jayapura yang semakin bertambah dibarengi jumlah huniannya,” Katanya.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer