• Breaking News

    5 Fokus Utama Pemerintah Untuk Pembangunan Papua

    5 Fokus Utama Untuk Pembangunan Papua

    Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebutkan kalau terdapat lima fokus utama pemerintah dalam melakukan pembangunan di Papua. Mahfud mengungkapkan, bahwa kelima fokus utama tersebut adalah infrastruktur, sumber daya manusia (SDM), pendidikan, kesehatan, dan pelayanan masyarakat.
    .
    Dijelaskan Mahfud, kalau fokus pembangunan tersebut berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 tahun 2017 tentang Percepatan Pembangunan dan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua barat. Selain berdasarkan Inpres, upaya pembangunan Papua juga diberlakukan sejak adanya Undang-Undang Nomor 21 tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua.
    .
    "Hadirin sejak diberlakukan Undang-Undang 21/2001 tentang otonomi khusus dari provinsi Papua, pemerintah telah berkomitmen untuk melakukan percepatan pembangunan di Papua. Khususnya 4 prioritas utama yang meliputi bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi rakyat dan pembangunan infrastruktur," sebut Mahfud.
    .
    Mahfud menegaskan masyarakat Papua sangat membutuhkan logistik. Selain itu, mereka juga membutuhkan pembangunan seperti masyarakat yang ada di luar Papua. "Masyarakat Papua membutuhkan logistik dan pembangunan seperti warga yang yg tinggal di luar Papua terutama di Jawa," ujar Mahfud.
    .
    Mahfud menyebut untuk menciptakan kesejahteraan itu, membangun Papua harus dilakukan dengan hati yang tulus. Pembangunan itu harus dikerjakan secara menyeluruh atau holistik untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
    .
    "Oleh karena pada kesempatan kali ini saya mengajak saudara semuanya untuk membangun Papua dengan hati yang tulus dan dikerjakan secara holistik. Membangun Papua secara holistik adalah janji negara untuk mewujudkan dan menegakkannya karena pada dasarnya inilah wujudnya sila kelima Pancasila," ujarnya.
    .
    Dengan berbagai upaya-upaya pembangunan di Papua tersebut, Mahfud menegaskan bahwa Papua merupakan bagian sah dari Indonesia. Sehingga, ia mengistilahkan membangun Papua adalah membangun Indonesia. "Papua adalah bagian yang sah dari Republik Indonesia, sehingga asumsi dari seminar ini adalah bagaimana kita berpikir bahwa membangun Papua adalah membangun Indonesia," tutupnya.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer