• Breaking News

    Bangun Dekranasda, Pemprov Papua Barat Dukung Usaha Pengrajin Lokal

    Bangun Dekranasda, Pemprov Papua Barat Dukung Usaha Pengrajin Lokal

    Kini, Provinsi Papua Barat memiliki Galeri Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) yang baru saja diresmikan oleh Gubernur setempat, Dominggus Mandacan. Pada kesempatan yang sama, Dominggus juga meresmikan Gedung Sekretariat Dekranasda dan membuka Rapat Kerja (Raker) Dekranasda Provinsi Papua Barat, pada Kamis 28 November 2019.
    .
    Gubernur Papua Barat juga melaksanakan kerjasama dengan Dekranasda yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). “MoU dilakukan agar program kerja dewan kerajinan di Papua Barat lebih maju dan mandiri dibawah kepemimpinan Ketua Dekranasda, Ny Juliana Mandacan dan ini adalah wujud dan tekad pemerintah untuk berbenah diri mendukung pengrajin dan penikmat seni budaya,” katanya.
    .
    Ketua Dekranasda Papua Barat, Ny Juliana Mandacan menuturkan banyak potensi kerajinan lokal yang ada di daerah, sehingga dengan peresmian galeri dapat menampung hasil pengrajin dari orang asli Papua, misalnya saja rajut noken, seni pahat serta lainnya.
    .
    Ketua Dekranas Pusat, Grace Claudia Batubara mengapresiasi kegigihan Ketua Dekranasda Papua Barat, Ny Yuliana Mandacan memberdayakan pengrajin lokal, salah satunya adalah mengunjungi Batik Tulis Paras Jogja, guna meningkatkan kualitas produk kerajinan khas Papua Barat berbasis teknologi dan warisan budaya Papua Barat.
    .
    “Dengan menggali motif desain dan warna, maka makna dan filosofi dapat dituangkan dalam bentuk seni kerajinan berbahan baku kain, antara lain dengan teknik canting mesin yang disebut dengan  batik klowong,  sehingga ciri khas batik Papua Barat mengandung muatan lokal,” ujarnya.
    .
    Pada kesempatan itu, Gubernur Papua Barat menyerahkan bantuan mesin tempel dan lampu jualan secara simbolis kepada pengusaha asli Papua.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer