• Breaking News

    Ekonomi Hijau: OMK Modio Mengolah Tungku Api Kehidupan

    Ekonomi Hijau: OMK Modio Mengolah Tungku Api Kehidupan

    Tim Ekonomi Hijau menerobos batas alam Papua sejak 2018 hingga hari ini. Perjalanan panjang mendaki gunung yang tinggi mencari tempat harapan bagi anak-anak Papua.
    .
    Setiap upaya yang tulus tidak pernah mengingkari hasilnya dalam mana Ekonomi Hijau bersama warga masyarakat Modio, Mapia, Kabupaten Dogiyai, telah memetik hasil kopi murni pada peringkat ke-II sedunia dalam ajang perlombaan yang diadakan di Jakarta.
    .
    Menurut Mr. Zen (tim Ekonomi Hijau Inggris), “kopi arabika Modio mendapat juara dua tidaklah sampai di sini. Momen kejuaraan ini membawa nama baik bagi orang-orang Modio, jadi kita perlu meningkatkan pola menjaga, merawat, dan mengolah kopi dengan benar agar kualitas kopi arabika ini tetap terjaga.”
    .
    Upaya menjaga, melindungi serta mengolah kebun kopi merupakan pekerjaan utama bagi masyarakat Modio selalu didukung oleh Tim Ekonomi Hijau yang memiliki semangat mendorong kesejahteraan masyarakat.
    .
    Kunjungan mereka kali ini dijelaskan bahwa Orang Muda Katolik Paroki (OMK) Santa Maria Bunda Rosario Modio menjadi tulang punggung budaya setempat. Mereka perlu dilibatkan secara aktif baik dalam kehidupan menggereja maupun aplikasi imannya dalam proses pengolahan kebun kopi.
    .
    Keterlibatan OMK Modio sangat diharapkan menjadi ujung tombak pembangunan yang memiliki tanggungjawab mengolah dan menjaga tungku api tetap menyala dalam keluarga, keuskupan dan masyarakat luas.
    .
    Pada tanggal 4 Desember 2019 adalah waktu yang baik bagi masyarakat Modio. Pak Deni adalah Mantri dan juga petani kopi mengatakan bahwa kehadiran ekonomi hijau telah membawa terang bagi masyarakat Koteka di Paroki Modio. Tim Ekonomi Hijau mengadakan pelatihan dimulai dengan tahap pembersihan lahan, persemaian bibit, penanaman, pemangkasan, dan pemanenan.
    .
    Tim Ekonomi Hijau juga menyumbangkan perlengkapan yang dibutuhkan para petani kopi: gergaji, gunting, mesin babat dan alat pengupas kulit kopi. Lebih jauh lagi masyarakat diajak menonton bersama film mengenai cara mengolah kopi secara baik dan benar hingga menghasilkan biji kopi arabika yang berkualitas.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer