• Breaking News

    Intan Jaya Kondusif Warga Bakar Batu

    Intan Jaya Kondusif Warga Bakar Batu

    Terkait masalah stabilitas keamanan pasca kontak senjata beberapa hari lalu, kondisi Kabupaten Intan Jaya berangsur normal, para warga juga telah kembali beraktifitas seperti biasanya, sangat berbeda dengan yang diberitakan oleh kelompok separatis Papua yang mengatakan bahwa kondisi di Intan Jaya masih belum aman.

    Pasca kontak senjata antara Kelompok Sipil Bersenjata (KSB) dan anggota TNI-Polri di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Selasa 17 Desember 2019 lalu, yang menewaskan dua prajurit TNI, yakni Lettu EZS dan Serda RR, kini situasi di wilayah itu kini sudah kondusif.

    Kehadiran aparat keamanan TNI dan Polri membuat masyarakat Intan Jaya merasa terlindungi, mereka merasa senang karena wilayahnya telah dijaga oleh pihak keamanan, tak hanya itu mereka bahkan menyambut para aparat keamanan dengan menggelar tradisi bakar batu.

    Bertempat di Lapangan Bola Sugapa Kabupaten Intan Jaya, ratusan warga Intan Jaya mengikuti kegiatan Pelayanan Kesehatan Gratis, bantuan sosial sembako serta bakar batu bersama TNI dan Polri dibulan kasih damai Natal ini. Pelayanan kesehatan gratis dan bantuan sosial ini diharapkan dapat membantu dan mengurangi beban masyarakat.

    Masyarakat Papua memiliki tradisi dan identitas yang sangat unik. Dari makanan, pakaian tradisional, hingga upacara adatnya. Salah satu tradisi Papua yang paling dikenal dan masih terjaga hingga kini adalah tradisi bakar batu.

    Tradisi bakar batu sendiri merupakan ritual memasak bersama yang bertujuan untuk memanjatkan rasa syukur, bersilaturahim dengan keluarga dan kerabat, menyambut kabar bahagia. Saat menjalani tradisi yang diwariskan secara turun temurun ini, seluruh warga desa ikut berkumpul dan duduk melingkar sambil memasak bersama dengan akrab.

    Jadi jika ada pihak yang mengatakan Kabupaten Intan Jaya belum aman, itu hanyalah kabar bohong yang sengaja dibuat untuk menciptakan teror dan membuat resah warga, faktanya kondisi pasca kontak senjata antara KKB dan anggota TNI-Polri di Intan Jaya beberapa hari lalu sudah kembali normal. Masyarakat justru merasa aman karena telah dijaga oleh aparat keamanan TNI dan Polri.



    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer