• Breaking News

    Kapal Perintis Siap Layani Angkutan Natal Warga 3T Pulau Mapia

    Kapal Perintis Siap Layani Angkutan Natal Warga 3T Pulau Mapia

    Kementerian Perhubungan menyediakan layanan kapal perintis angkutan laut untuk memenuhi kebutuhan Natal dan tahun baru warga di wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) di Kepulauan Mapia, Kabupaten Supiori, Papua.
    .
    "Satu kapal perintis Sabuk Nusantara 64 sesuai jadwal setiap dua minggu sekali melayani angkutan laut untuk warga 3T," ujar S.Swabra, petugas operasional lapangan layanan perintis warga 3T di Biak, Jumat.
    .
    Ia mengakui, dengan disiapkan kapal perintis Sabuk Nusantara maka sangat membantu pelayanan angkutan laut warga 3T berpergian serta untuk memasarkan hasil perikanan dan perkebunan ke kota Biak untuk dijual.
    .
    Menyinggung biaya angkutan kapal perintis, menurut Swabra, sangat murah karena telah mendapat subsidi langsung dari pemerintah melalui Kemenhub. Untuk kapal perintis biaya angkutan kapal ke pulau Numfor dikenakan ongkos berkisar Rp25 ribu/penumpang serta Rp50 ribu untuk tujuan pulau terluar Mapia.
    .
    Untuk layanan angkutan memasuki tahun baru 2020, menurut Swabra, tetap ada sesuai dengan jadwal yang akan ditetapkan Kementerian Perhubungan.
    .
    Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Biak Franciso Olla mengakui, untuk layanan angkutan Natal dan tahun baru di pelabuhan Biak Numfor telah tersedia kapal perintis Sabuk Nusantara, kapal penyeberangan fery PT ASDP serta kapal PT Pelni.
    .
    Ia mengakui, kebutuhan angkutan Natal dan tahun baru setiap tahun meningkat karena satu-satunya transportasi yang biaya murah untuk tujuan Jayapura, Manokwari, Sorong Ambon, Ternate, Bitung, Baubau, Makassar, Surabaya dan Jakarta.
    .
    Pantauan Antara, Jumat, arus keberangkatan kapal laut di pelabuhan Biak mulai meningkat pada H-5 Natal dengan tujuan Biak-Manokwari-Sorong dan wilayah Maluku, Sulawesi dan Jawa dan Jakarta.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer