• Breaking News

    Papua Aman Kalau Tokoh ULMWP dan KNPB Ditangkap

    Papua Aman Kalau Tokoh ULMWP dan KNPB Ditangkap

    Situasi keamanan di Papua mulai berangsur kondusif. Aktivitas masyarakat mulai berjalan normal seperti biasanya. Namun, situasi keamanan belum benar-benar kondusif, selama tokoh-tokoh yang termasuk dalam kelompok pemicu kerusuhan belum ditangkap.

    Dua kelompok tersebut adalah United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB). Adapun, ULMWP atau Gerakan Persatuan Pembebasan untuk Papua Barat merupakan organisasi politik untuk memperjuangkan kemerdekaan Papua Barat. Organisasi tersebut dipimpin oleh Benny Wenda. Sementara, KNPB adalah organisasi politik rakyat dan sebuah kelompok masyarakat Papua yang berkampanye untuk kemerdekaan Papua Barat.

    Aparat akan terus memburu para tokoh dari dua organisasi tersebut, jika belum ditangkap, maka potensi gangguan keamanan akan terus ada. Pasukan yang kini ada di Papua, belum akan ditarik hingga batas waktu yang belum ditentukan. Hingga kini, terkait kerusuhan di Wamena, polisi sudah menetapkan 13 tersangka. Sepuluh tersangka kini sudah ditangkap dan tiga lainnya masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

    Dalang dari kerusuhan di Jayapura adalah ULMWP dan KNPB. Dari ULMWP, polisi sudah menangkap Buchtar Tabuni yang menjabat sebagai Wakil Ketua II. Sedangkan, dari KNPB, kini ketuanya Agus Kossay dan Steven Itlay selaku Ketua Wilayah Mimika sudah ditangkap.





    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer