• Breaking News

    Pembangunan di Papua Lewat Pendekatan Budaya dan Kearifan Lokal

    Pembangunan di Papua Lewat Pendekatan Budaya dan Kearifan Lokal 

    Pemerintah melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) disebut sedang berupaya merumuskan pembangunan di Papua dengan pendekatan berbasiskan pada budaya dan kearifan lokal.
    .
    Sekretaris Kementerian PPN/Bappenas, Himawan Hariyoga, mengungkapkan bahwa pendekatan tersebut dipercaya akan mampu mengakselerasi pembangunan dan dapat meningkatkan kualitas pembangunan di Papua.
    .
    "Bappenas berupaya merumuskan pendekatan pembangunan dengan menghargai budaya dan kearifan lokal untuk mempercepat dan meningkatkan kualitas pembangunan di Papua," ungkapnya di Jakarta, Selasa (17/12/2019).
    .
    Menurut dia, pemerintah mengedepankan kerangka otonomi khusus sebagai instrumen kebijakan percepatan, afirmasi, perlindungan dan pemberdayaan masyarakat Papua.
    .
    Berbagai langkah, lanjut dia, sudah ditempuh untuk pembangunan di Bumi Cendrawasih itu di antaranya mengadopsi pendekatan perencanaan pembangunan Papua berbasis wilayah adat dan kawasan potensial.
    .
    "Kami sadari pendekatan kutural atau sosial budaya menjadi dimensi penting dalam merancang pembangunan sektoral dan kewilayahan," imbuhnya.
    .
    Pemerintah, lanjut dia, berkomitmen melakukan percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat antara lain melalui Inpres Nomor 9 tahun 2017. Percepatan, kata dia, dilakukan secara tematik, holistik, integratif dan spasial atau THIS.
    .
    "Infrastruktur merupakan tulang punggung menggerakkan ekonomi wilayah sekaligus meningkatkan jangkauan pelayanan dasar ke seluruh daerah di Papua," katanya.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer