• Breaking News

    PLN Papua Gunakan Energi Tenaga Surya di 4 Lokasi Pada 2020

    PLN Papua Gunakan Energi Tenaga Surya di 4 Lokasi Pada 2020

    Alternatif pembangkit listrik dengan sumber energi matahari atau biasa yang disebut dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) menjadi salah satu energi baru terbarukan yang akan digunakan PT PLN (Persero) Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (IUWP2B) dalam melistriki Bumi Cenderawasih.
    .
    PLTS tepat untuk kawasan yang sulit dijangkau oleh transportasi darat. Penggunaan PLTS juga menghemat Biaya Pokok Penyediaan (BPP) hingga 1.400 KWh dibandingakan dengan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).
    .
    Asisten Manajer Komunikasi PT PLN IUWP2B, Septian Pujiyanto menuturkan saat ini penggunaan PLTS sudah diterapkan di Pulau Rumberpon, Papua dan pada beberapa lokasi lainnya.
    .
    “PLTS tidak membutuhkan bahan bakar. Sumber energi dari PLTS tersedia dari alam, yakni matahari. Cara pengoperasian maupun pemeliharaan PLTS relatif lebih sederhana dibanding pembangkit BBM. Jika pemeliharaan PLTS baik, dapat dimanfaatkan hingga 20 tahun,” jelasnya, saat mengunjungi PLTS Sengkol pada rangkaian kegiatan Media Tour PLN 2019 di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Selasa 17 Desember 2019.
    .
    Kata Septian, pada dasarnya PLTS sangat dimungkinkan diterapkan di Papua. Misalnya saja pernah dilakukan pemasangan PLTS di Kabupaten Deiyai yang berkapasitas 2 MWp. “Yang sangat menyedihkan adalah panel PLTS di Deiyai malah dicuri ataupun dirusak oleh oknum yang tak bertanggung jawab,” ujarnya.
    .
    Septian menambahkan, maka jika akan dipasangn PLTS lagi pada sebuah kabupaten atau kampung atau daerah lainnya, maka harus ada komitmen bersama pemerintah dan semua pihak untuk menjaga PLTS ini.
    .
    Walau begitu, PLN setempat menargetkan pada 2020 akan dibangun PKTS pada  zona di Sorong, Timika, Merauke, dan Jayapura.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer