• Breaking News

    "Polisi Pi Ajar Goes to Kampung Cendrawasih", Sumbangsih Inspiratif dari Kepolisian Papua di Dunia Pendidikan.

    "Polisi Pi Ajar Goes to Kampung Cendrawasih", Sumbangsih Inspiratif dari Kepolisian Papua di Dunia Pendidikan. 

    Suatu kehormatan bagi saya ketika  diajak kaka-kaka dari Satgas Binmas Noken Polri untuk ikut terlibat dalam kegiatan Polisi Pi Ajar yang merupakan bentuk kepedulian Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) terhadap dunia pendidikan. Saya bersama Pak Lalu Hiskam Anady, Pak Nixon Mehue dari Kepolisian Perairan, ada 3 Kaka-kaka Polwan cantik yaitu Ibu Syerly, Ibu Ayu dan Ibu Amel serta kaka dari Freeport Indonesia, Ibu Citra Kaliky Harun dan seorang rekannya.
    .
    Dengan menumpang sebuah perahu, kami berdelapan menyusuri kawasan Pelabuhan Pomako menuju Kampung Cendrawasih, Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika. Saat tiba disana, terlihat antusias warga disana terutama anak-anak. Atas petunjuk warga sekitar, Kami menuju ke pekarangan rumah warga untuk melaksanakan kegiatan. Dengan menghampar sebuah terpal, kami duduk bersama anak-anak sekitar.
    .
    Sebagai acara pembuka, kami mengajak anak-anak untuk menyanyi beberapa lagu seperti lagu nasional, lagu anak sekolah minggu, dan lagu-lagu anak umum lainnya.  Kemudian Pak Lalu mengajak anak-anak untuk bisa membedakan mana tangan kanan dan tangan kiri serta menghitung jumlah jari. Setelah itu, kami membagi diri untuk mendampingi anak-anak untuk melakukan kegiatan mewarnai buku yang bergambar alat transportasi dan binatang.
    .
    Karena cuaca kurang bersahabat kala itu, kami pindah lokasi ke rumah salah satu warga. Kaka-kaka Polisi memberi pertanyaan berhadiah bola kepada anak-anak  mengenai siapa Ketua RT, kepala kampung dan Bupati Kabupaten Mimika. Setelah itu diperkenalkanlah bendera kebangsaan Indonesia, bendera merah putih. Dengan iringan gitar dari Pak Nixon, kami bersama anak-anak bernyanyi bersama lagi diantaranya lagu satu-satu aku sayang ibu, aku anak sehat tubuhku kuat, anak sekolah minggu dengar-dengaran dan masih banyak lagi.  Kemudian kegiatan berlanjut ke acara pemasangan mainan rangka pesawat mini yang dibagikan ke setiap anak-anak. Tampak anak-anak girang mendapatkan mainan baru. Ada yang mencoba menerbangkannya ada juga yang  meniup baling-balingnya. Acara kami tutup dengan membagikan biskuit bergizi kepada anak-anak.
    .
    Kegiatan Polisi Pi Ajar memang patut diacungi jempol. Kegiatan ini senantiasa tulus memberikan pendampingan, menanamkan jiwa cinta tanah air sejak dini kepada anak-anak di Papua. Kegiatan ini dilakukan di penjuru daerah Papua seperti Mimika, Wamena, Puncak Jaya, Nduga dan banyak lagi.  Dengan adanya kegiatan ini tentu sangat berguna  bagi generasi muda Papua yang kelak bisa melepaskan Papua lepas dari jurang ketertinggalan, keterpurukan dan disparitas kesenjangan sosial.
    .
    Saya berterima kasih kepada kaka-kaka Polisi yang mengajak saya dalam kegiatan yang mulia dan inspiratif ini. Berbagi ilmu pengetahuan dan inspirasi kepada anak-anak Papua bersama kaka-kaka Polisi sangat menyenangkan. Melihat mereka tertawa, semangat belajar, ceria menyanyi dan antusias menyimak apa yang dikatakan membawa kebahagiaan tersendiri bagi kami.
    .
    Teruslah menebarkan pengetahuan  Kaka-Kaka Satgas Noken Binmas Polri utamanya Pak Lalu Hiskam, Pak Nixon, Ibu Syerly, Ibu Ayu, dan Ibu Amel.  Semoga Tuhan senantiasa melindungi dan menyertai perjuangan Bapak/Ibu Kepolisian di tengah kondisi Papua yang  kadang medannya sulit dan tingkat keamanannya kurang kondusif. Jangan bosan-bosan ajak kami jadi sukarelawannya ya!
    .
    Dikutip dari tulisan Heriyanto Rantelino (perantau di Timika) untuk Kompasiana.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer