• Breaking News

    Rumusan Baru Pecepatan Pembangunan di Papua.

    Rumusan Baru Pecepatan Pembangunan di Papua.

    Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) membidik cara dan model baru untuk mempercepat dan meningkatkan kualitas pembangunan Papua dan Papua Barat agar sejajar dengan provinsi lain di Tanah Air.

    Dalam hal ini, Bappenas berupaya merumuskan pendekatan pembangunan Papua yang menghargai budaya dan kearifan lokal, pemerintah juga akan mengedepankan kerangka otonomi khusus sebagai instrumen kebijakan percepatan, afirmasi, perlindungan dan pemberdayaan masyarakat Papua.

    Berbagai langkah sudah ditempuh untuk pembangunan di Bumi Cendrawasih itu di antaranya mengadopsi pendekatan perencanaan pembangunan Papua berbasis wilayah adat dan kawasan potensial. Sekretaris Menteri PPN/Sekretaris Utama Bappenas Himawan Hariyoga dalam Konferensi Pembangunan Papua di Jakarta mengatakan, pendekatan kultural menjadi hal penting dalam rancangan pembangunan sektoral.

    "Kami sadari pendekatan kultural atau sosial budaya menjadi dimensi penting dalam merancang pembangunan sektoral dan kewilayahan," ucap dia.

    Pemerintah juga talah berkomitmen melakukan percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat antara lain melalui Inpres Nomor 9 tahun 2017. Percepatan, kata dia, dilakukan secara tematik, holistik, integratif dan spasial atau THIS. Karena infrastruktur merupakan tulang punggung dalam menggerakkan ekonomi wilayah sekaligus meningkatkan jangkauan pelayanan dasar ke seluruh daerah di Papua.

    Sementara itu, dalam Konferensi Pembangunan Papua dibahas sejumlah untuk mempercepat pembangunan di Tanah Papua dengan tema SDM Papua unggul menuju Indonesia maju. Topik yang dibahas yakni cara membangun Papua dengan hati, pelayanan dasar, karakter dan daya saing serta masa depan pembangunan yang holistik.

    "Konferensi ini dirancang sebagai forum refleksi dan evaluasi langkah yang sudah ditempuh sekaligus merumuskan ;angkah strategis ke depan yang lebih tepat dan solutif bagi upaya percepatan di tanah Papua," pungkasnya.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer