• Breaking News

    Anggaran PON 2020 Papua Tidak Mengganggu Dana Otsus

    Anggaran PON 2020 Papua Tidak Mengganggu Dana Otsus

    Terkait tuduhan bahwa dana OTSUS dihabiskan untuk kebutuhan PON XX papua, Gubernur Papua Lukas Enembe menjelaskan, anggaran untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 itu berasal dari APBD Provinsi Papua dan pihak swasta, tidak mengganggu dana Otsus.

    "Kebutuhan Papua, untuk membangun PON itu biayanya pasti besar. Tapi, tentu kita akan menyesuaikan dengan cabor yang dipertandingan dan lain-lain, anggaran untuk PON 2020 Papua tersebut berasal dari APBD Provinsi Papua dan pihak swasta. Kita yakin bisa dapatkan itu dalam empat tahun ke depan untuk dicicil oleh kita,'' kata Lukas.

    Menurut dia, untuk jumlah cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan pada PON 2020 Papua nanti, akan disesuaikan dengan permintaan KONI Pusat, yakni memprioritaskan cabor yang akan dipertandingkan dalam Olimpiade.

    Ketika ditanyakan apa hambatan utama yang dihadapi oleh Provinsi Papua dalam mempersiapkan diri sebagai tuan rumah PON 2020, Lukas menuturkan, selama ini pihaknya tidak ada hambatan yang utama.

    ''Kita dari infrastruktur sudah siap, seperti untuk perhubungan udara Papua sudah siap. Untuk jaringan internet juga sudah ada, begitu juga dengan akomodasi atlet dan ofisial,'' kata dia.

    Ia mengatakan, lima kabupaten di Provinsi Papua, Kabupaten Jayapura, Timika, Biak, Wamena, dan Merauke siap untuk menjadi tempat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020. Pihaknya siap melaksanakan PON 2020, PON 2020 Papua bukan sekadar ajang multievent olahraga Nasional, tapi juga akan menjadi ajang mempersatukan Indonesia lewat olahraga.

    Sebagai provinsi paling timur di Indonesia yang baru pertama kali melaksanakan PON, kata Lukas, Provinsi Papua merasa bangga dan bersyukur karena bisa ditunjuk sebagai tuan rumah PON 2020 oleh pemerintah.

    ''Kita bersyukur mendapatkan kepercayaan oleh negara untuk membangun kemitraan Indonesia dan Papua lewat olahraga nasional, yakni ajang PON,'' kata dia.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer