• Breaking News

    Harta Karun Papua Yang Diakui Dunia Itu Bernama Noken

    Harta Karun Papua Yang Diakui Dunia Itu Bernama Noken

    Papua adalah provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua. Papua memiliki sumber daya alam terlengkap. Kekayaan alam di hutan Papua memberikan manfaat besar bagi masyarakat Papua. Salah satunya adalah kulit kayu atau serat pohon yang dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan noken.
    .
    Noken merupakan tas serbaguna khas Papua berbentuk jaring dan digunakan oleh masyarakat Papua untuk membawa barang. Noken sendiri sudah melekat dalam budaya masyarakat Papua sejak zaman dahulu kala. Noken dibentuk dengan sistem anyam atau rajut.
    .
    Pada zaman dahulu, noken tak bisa dibawa sembarangan orang. Hanya orang ternama, punya kuasa, dan pihak-pihak berada saja yang membawa noken. Namun, seiring waktu, tas ini menjadi milik masyarakat lebih luas.
    .
    Bagi masyarakat Papua, noken memiliki makna filosofis dan simbol-simbol kehidupan tersendiri. Noken dianggap sebagai simbol wanita Papua, kesuburan, kekeluargaan, ekonomi, kehidupan yang baik, perdamaian, dan identitas.
    .
    Sebagai budaya asli Papua, noken memiliki hubungan erat dengan alam. Noken terbuat dari bahan dasar serat kulit kayu dan pewarna alami yang berasal dari akar tumbuhan dan buah-buahan hutan. Anyaman yang dibuat oleh para mama (ibu suku-suku) Papua umumnya dijadikan sebagai wadah serbaguna.
    .
    Dari keunggulan dan keunikan noken tersebut mengantarkan tas rajut khas Papua ini masuk dalam Daftar United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai salah satu “Warisan Budaya Tak Benda” atau intangible heritage, dan setiap tanggal 4 Desember diperingati sebagai “Hari Noken Sedunia”.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer