• Breaking News

    Polri Tindak Tegas Semua Pihak Yang Memasok Senjata Ke OPM

    Polri Tindak Tegas Semua Pihak Yang Memasok Senjata Ke OPM

    Melihat dari beberapa kasus sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw mengatakan, pihaknya menduga ada senjata yang digunakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Papua berasal dari Lumajang, Jawa Timur.

    Menurut Paulus, informasi yang diperoleh pihaknya, ada senjata rakitan berspesifikasi modern dirakit di Lumajang. Senjata tersebut terindikasi sudah masuk di Papua, ini merupakan pekerjaan besar bagi TNI-Polri untuk melakukan pengusutan.

    "Senjata rakitan ini terindikasi sudah masuk di Papua," kata Paulus.

    Polri akan tindak tegas siapa saja yang telibat baik pemsok atau pemesan senjata yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM) untuk melakukan pemberontakan dan pembunuhan.

    Selain itu, senjata dan amunisi yang digunakan OPM juga diduga kuat dipasok dari luar negeri. Mengingat, beberapa kasus sebelumnya berhasil diungkap penyelundupan senjata dan amunisi ke Papua.

    Penyelundupan senjata tersebut dari Negara Papua New Guinea (PNG) dengan melewati jalur-jalur tikus di perbatasan negara Republik Indonesia-PNG. Sementara, dari Filipina melewati Maluku Utara, masuk ke Sorong, Papua Barat.

    Menurut Paulus, saat ini pihaknya tengah melacak asal amunisi dan senjata yang dimiliki KKB. Sebab dengan senjata, KKB kerap melakukan teror dan menekan tokoh masyarakat hingga pemerintah untuk meminta bantuan dana.


    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer