• Breaking News

    PON Harus Bisa Optimalkan Potensi Pariwisata di Papua

    PON Harus Bisa Optimalkan Potensi Pariwisata di Papua

    Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan diselenggarakan di Papua mendapatkan respon beragam dari masyarakat Papua. Maximus Tipagau, salah satu social entrepreneur yang juga tokoh masyarakat Papua mengharapkan penyelenggaran PON ini bisa memberik efek ekonomi secara langsung terhadap masyarakat Papua itu sendiri.
    .
    “Pembangunan infrastruktur penunjang kegiatan PON yang dilaksanakan di Papua cukup bagus, namun harus diperhatikan juga fungsinya setelah PON berakhir,” katanya. Menurut Maximus, jangan sampai pasca PON bangunan-bangunan tersebut menjadi terbengkalai karena tidak lagi difungsikan.
    .
    Lebih lanjut ia mengharapkan agar pelaksanaan PON di Papua nanti bisa menjadi salah satu kekuatan untuk mengangkat budaya dan wisata yang ada di provinsi paling timur Indonesia ini.
    .
    “Karena wisatawan yang datang tidak hanya ingin menyaksikan pertandingan olah raga, mereka bisa juga ingin menikmati wisata yang ada dan beragam kulinernya,” jelas Maximus. “Pemerintah harus mulai mengembangkan destinasi-destinasi wisata yang ada di Papua untuk menyambut pelaksanaan PON ini.”
    .
    Menurut Maximus anggaran yang ada juga dapat diperuntukkan bagi pengembangan sumber daya manusia di Papua agar lebih sadar wisata dan siap menghadapi wisatawan yang datang saat pelaksanaan PON Papua. “Misalnya dengan membangkitkan usaha kerajinan souvenir di masyarakat,” katanya.
    .
    “Pendekatan yang dilakukan haruslah pendekatan budaya dan pariwisata,” ujarnya. Selama ini, lanjut Maximus, pemerintah selalu melakukan pendekatan politik di Papua. “Ini yang kemudian menimbulkan adanya konflik.”
    .
    Pun demikian Maximus berharap pelaksanaan PON Papua 2020 akan berjalan lebih lancar dan kondusif. “Kami masyarakat Papua sangat mendukung sekali kegiatan tersebut karena secara langsung mengenalkan lebih banyak potensi Papua kepada masyarakat luar,” ujarnya.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer