• Breaking News

    Bantuan Masyarakat Sangat Penting Untuk Memberantas Keberadaan KKB

    Bantuan Masyarakat Sangat Penting Untuk Memberantas Keberadaan KKB

    Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw meminta kepada masyarakat untuk ikut memberantas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayahnya. KKB adalah biang kerusuhan, mereka sering melakukan teror penembakan dan beragam aksi kekerasan lainnya.

    "Tanpa bantuan masyarakat sulit rasanya kelompok-kelompok ini bisa diberantas. Bila ada pelaku-pelaku kekerasan ini berseliweran di sekitar tempat tinggal masyarakat, tolong segera disampaikan kepada kami," kata Irjen Paulus, Minggu, 1 Maret 2020.

    Kapolda mengakui KKB sering membaur dengan warga lokal agar tidak mudah dideteksi keberadaannya oleh aparat. Padahal keberadaan KKB di tengah masyarakat berpotensi membahayakan kondisi di sekitarnya.

    Ia mencontohkan, di Kenyam, Kabupaten Nduga, kelompok bersenjata itu masuk ke lingkungan masyarakat namun tidak segera dilaporkan. Akibatnya aparat yang datang untuk mengamankan situasi justru menjadi korban.

    "Anggota kami melakukan perlawanan untuk mempertahankan diri dan berujung pada tertembaknya beberapa orang, termasuk salah satu anggota kami," jelas dia.

    Paulus juga memperingatkan beberapa pihak untuk tidak memutarbalikkan fakta, seolah-olah kehadiran aparat penegak hukum di Kabupaten Nduga untuk melakukan kekerasan terhadap rakyat setempat.

    "Tidak benar tuduhan bahwa kami mau melakukan upaya-upaya tertentu, tidak. Kami ada di situ untuk melakukan penegakan hukum," tegas Paulus.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer