• Breaking News

    Keberadaan KKB Telah Terciuam Aparat Kepolisian

    Keberadaan KKB Telah Terciuam Aparat Kepolisian

    Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menyebutkan ada indikasi sejumlah kelompok kriminal bersenjata (KKB) sedang berkumpul dan bergerak kearah Tembagapura.

    Indikasi ini dipertegas dengan aksi kekerasan dari KKB yang sengaja membuat gangguan di Puncak, Wamena, Intan Jaya dan akhirnya mengarah ke arela tambang PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Timika.

     “Mereka ini (KKB) ingin menguasai area pertambangan Freeport. Kami terus melakukan tindakan mengatasi kelompok ini,” jelas Paulus.

    Paulus menyebutkan, pihaknya akan tetap melakukan penegakan hukum terhadap KKB. Ia mengakui mengalami kesulitan dalam melumpuhkan pergerakan kelompok karena beberapa faktor alam, geografis, penguasaan medan dan lingkungan. Paulus juga meminta kerjasama masyarakat tak ikut membantu pergerakan KKB.

     “Jika masyarakat ada yang melihat pergerakan pelaku (KKB) yang berkeliaran di wilayahnya, segera diinformasikan kepada kami. Termasuk kepada para pihak untuk tak memutar balikan fakta yang seakan-akan aparat keamanan tidak melakukan upaya tindakan hukum,” katanya.

    Sementara itu, Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata memastikan pelaku penembakan Bharatu Doni beberapa hari lalu adalah pelaku yang sama dengan pelaku penyanderaan 3 guru di Kampung Arwanop.

     “Kami tidak akan memberikan kesempatan kepada mereka (KKB) dalam pergerakan. Kami akan bekerjasama dengan masyarakat sipil, adat dan agama untuk menjaga keamanan di Tembagapura maupun di Timika,” ujarnya.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer