• Breaking News

    Papua Barat siap bangun Swab Test Lab untuk Covid-19

    Papua Barat siap bangun Swab Test Lab untuk Covid-19

    Pemerintah Provinsi Papua Barat meminta Kementerian Kesehatan memberi izin wilayahnya melakukan pemeriksaan sampel swab virus korona (covid-19) secara mandiri. Permintaan itu disampaikan Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani melalui video konferensi saat Musrembang Nasional, Kamis, 30 April 2020.

    "Dari penjelasan Pak Menteri tadi, ada sejumlah tahapan dan tidak bisa serta merta kita lakukan pemeriksaan swab secara mandiri. Karena ini sifatnya darurat, maka tetap kami ajukan dan mudah-mudahan Menkes beri izin secepatnya," ucap Lakotani, di Manokwari, Papua Barat, Kamis, 30 April 2020.

    Pemprov minta Kementerian Kesehatan memberikan pendampingan dengan mendatangkan ahli, untuk pemeriksaan swab di Papua Barat. Dia mengungkap perangkat polymerase chain reaction (PCR) covid-19 akan ditempatkan di rumah sakit rujukan provinsi di Manokwari, Sorong dan Teluk Bintuni.

    "Untuk pembangunan gedung laboratorium belum, karena ini sifatnya mendesak maka yang penting bisa jalan dulu agar pengendalian covid-19 di Papua Barat bisa lebih optimal," ujarnya.

    Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Papua Barat, Arnoldus Tiniap, mengatakan selama ini pemeriksaan swab dilakukan melalui multidrug resisten tuberculosis (MDR TB) atau TH resisten obat. Alat tersebut sudah tersedia di Sorong dan Manokwari.

    "Untuk Teluk Bintuni pemerintah daerah siap membeli yang baru," kata dia.

    Sementara untuk pemeriksaan sampel swab covid-19, diperlukan reagen. Agar alat tersebut bisa membaca sampel yang dimasukkan. Pihaknya juga membutuhkan ahli untuk menginstal alat, agar berfungsi dengan baik.

    "Intinya dari sisi alat kita siap, sekarang yang kita butuhkan adalah ahli atau teknisi serta reagen. Untuk dua ini harus didatangkan," imbuhnya.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer