• Breaking News

    Tahun ajaran baru 2020/2021 dimulai hari Senin, 13 Juli 2020

    Sejumlah wilayah masih dilarang menggelar pembelajaran tatap muka dan beralih pembelajaran jarak jauh secara online akibat pandemi virus corona (Covid-19).

    Pembelajaran secara online ini juga dilakukan di Provinsi Papua. Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah, Christian Sohilait membuka secara langsung pembelajaran di tahun ajaran baru secara online.

    “Hari ini, Senin (13/7) secara serentak diseluruh Indonesia proses pembelajaran sudah berlangsung. Khusus di Papua tadi secara online saya buka yang terbagi atas beberapa bagian cara belajar,” kata Christian kepada wartawan di Kota Jayapura.

    Di hari pertama, pembelajaran hanya untuk masa perkenalan lingkungan sekolah (MPLS) secara online. Selanjutnya, proses pembelajaran tetap dilakukan dari rumah saja yang juga dilakukan secara online.

    Menurut Christian, jika di masa normal pembelajaran dilakukan dari pukul 08.00-15.00 WIT. Namun, dimasa pandemi Covid-19 ini pembelajaran dari pukul 08.00-11.00 WIT.

    “Satu hari itu yang normalnya proses belajar mengajar dari jam 8 pagi hingga 3 sore, maka di masa pandemi Covid-19, sekolah hanya membuka waktu masuk sekolah dari jam 8 pagi sampai 11 siang dan pulang,” ujar Christian.

    Christian mengakui, ada sekolah yang melakukan pembelajaran secara tatap muka, tapi hanya dikhususkan untuk sekolah kejurusan.

    Seperti contoh SMK jurusan pariwisata atau perhotelan yang hanya memiliki pelajar sebanyak sepuluh orang.

    “Itu kita suruh mereka punya siswa silahkan datang lalu mulai lakukan perkenalan siswa perlima orang hari ini. Kemudian perkenalan alat belajar sesuai dengan jurusan mereka. Contohnya perhotelan,” kata Christian.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer