• Breaking News

    Kementerian PUPR Laksanakan Program Bedah Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah di Papua Barat



    Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali melaksanakan program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) atau program bedah rumah. Program ini menjadi salah satu program unggulan Kementerian PUPR karena dampak langsung yang bisa dirasakan oleh masyarakat berupa perbaikan hunian menjadi lebih sehat dan layak huni sekaligus kegiatan ekonomi yang ikut terdampak secara langsung.

    Kali ini, program bedah rumah dilakukan di Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat, untuk sebanyak 279 unit rumah tidak layak huni. Total anggaran yang dialokasikan untuk program bedah rumah di Kabupaten Teluk Bintuni ini mencapai Rp5,85 miliar.

    Menurut Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Papua II Kementerian PUPR Yance Pabisa, program bedah rumah mengalokasikann anggaran sebesar Rp17,5 juta untuk setiap unit rumah yang dibedah. Perinciannya, Rp15 juta untuk untuk penerima bantuan dalam bentuk material bahan bangunan dan Rp2,5 juta untuk biaya pekerja.

    “Untuk wilayah di Kabupaten Teluk Bintuni ini dana yang diberikan lebih besar mencapai Rp21 juta setiap unit rumah. Dengan demikian masyarakat bisa memanfaatkan bantuan tersebut untuk meningkatkan kualitas rumahnya menjadi lebih layak huni,” ujarnya.

    Untuk lokasi program bedah rumah di Kabupaten Teluk Bintuni tersebar di dua distrik yaitu Distrik Manimeri dan Distrik Bintuni. Untuk Distrik Manimeri ada lima kampung yang mendapatan bantuann yaitu di Botai sebanyak 14 unit, Atibo 11 unit, Waraitama 36 unit, Pasamai 20 unit, dan Titibo 17 unit.

    Sementara di Distrik Bintuni ada enam kampung yang mendapatkan bantuan yaitu di Awaba sebanyak 40 unit, Hokut 16 unit, Beimes 9 unit, Agrosire Merai 51 unit, Bintuni Barat 45 unit, dan Kampung Lama 20 unit. Setiap rumah penerima bantuan tidak menerima uang tunai sama sekali karena semuanya diberikan dengan material bahan bangunan dan tenaga kerja.

    Salah seorang penerima bantuan program bedah rumah dari Kampung Awaba, Distrik Bintuni, Henok Yabar mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya untuk program bedah rumah dari Kementerian PUPR ini.

    “Saya mewakili warga dann rekan-rekan dari seluruh kampung mengucapkan rasa terima kasih yang besar untuk program ini. Kami berharap Kementerian PUPR tidak berhenti menjalankan program yang baik ini karena manfaatnya sangat terasa bagi kami yang tidak mungkin melakukan sendiri perbaikan rumah karena tidak memiliki dana,” katanya.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer