• Breaking News

    Venue Akuatik PON Papua Telah Mendapat Sertifikasi dari FINA


    Venue akuatik menjadi salah satu arena yang selesai dibangun dalam persiapan PON 2020. Bahkan arena tersebut telah mendapat sertifikasi dari FINA (Federasi Renang Dunia).

    Selain Venue akuatik, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua, juga menyelesaikan pembangunan arena olahraga untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua.

    Total terdapat tiga dari empat venue yang dikerjakan oleh KemenPUPR. Arena tersebut pun disebut selesai lebih cepat dari target.

    FINA telah melakukan pengecekan venue akuatik PON 2020 melalui Ketua Bidang Sertifikasi PB PRSI. Agenda tersebut di dalam Pengawasan Konsultan Spesialis Federasi Renang Internasional (FINA) dari Spanyol melalui media Video Conference.

    Adapun standar yang menjadi penilaian FINA, yakni pengecekan dan pengukuran dimensi kolam dengan metode random sampling.

    “Berdasarkan hasil pengecekan dan pengukuran dimensi kolam, maka dapat disimpulkan bahwa Field of Play atau Kolam Tanding Venue Aquatic PON 2020 Papua telah sesuai dengan standar internasional yang ditetapkan oleh FINA,” ujar Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto.

    “Kami berharap agar investasi infrastruktur olahraga yang dibangun berstandar internasional di Papua ini bisa menjadi investasi prestasi olahraga, khususnya bagi renang,” lanjut Iwan.

    Ia berharap dengan rampungnya tiga venue tersebut bisa membantu hajatan PON 2020 Papua berjalan sukses. Ia juga menyatakan ketiga arena itu menjadi kebanggaan Indonesia, bukan hanya masyarakat Papua.

    Ia menambahkan, arena itu juga bisa menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia serta dapat mendorong para anak muda. Terlebih atlet-atlet Papua, bisa lebih semangat dan berprestasi menjadi juara, baik di kancah nasional maupun internasional.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer