• Breaking News

    BPS Harapkan Kerja Sama Semua Pihak




    Sensus Penduduk door to door mulai dilaksanakan hari ini, tanggal 1 hingga 30 September 2020. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua, Adriana Helena Carolina mengimbau masyarakat untuk dapat berperan aktif menyukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk pada tahun 2020 (SP2020)

    Adriana menjelaskan bahwa setelah dilakukan Sensus Penduduk secara online pada Februari hingga Mei 2020, bulan ini pihaknya akan melakukan Sensus Penduduk secara door to door dengan mendatangi langsung setiap rumah warga yang ada di wilayah Papua.

    “Kami sangat mengharapkan partisipasinya, ibu, bapak, om, tante, kakak dan adik untuk dapat membantu menyukseskan Sensus Penduduk di tahun 2020, dengan tema ‘Mencatat Papua Mencatat Indonesia’,” ungkap Adriana.

    Hasil Sensus Penduduk Online mencatat sebanyak 3,25 persen dari 3 juta penduduk Papua telah berpartisipasi. Diakuinya, jumlah tersebut masih sangat kecil dan masih jauh dari yang diharapkan.

    Melihat kondisi tersebut, pihaknya berharap pelaksanaan sensus door to door dapat dimanfaatkan dengan baik. Bahkan, untuk menyukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk door to door pihaknya telah menyiapkan sebanyak 6.500 petugas yang tersebar di seluruh wilayah Papua.

    Menurutnya, pelaksanaan SP2020 kali ini memang cukup berat. Sebab dilaksanakan di tengah pandemi yang ditambah pembatasan anggaran. Meskipun demikian pihaknya tetap optimis dapat melaksanakan keinginan Presiden RI. Oleh karena itu, berbagai macam strategi telah dilakukan guna menyukseskan SP2020.

    “Pada dasarnya data ini sangat penting untuk perencanaan pembangunan di negara ini. Kami sangat mengharapkan bantuan dari semua pihak baik kepala daerah di tingkat provinsi maupun kota dan kabupaten. Termasuk di tingkat distrik dan sebagainya untuk dapat membantu petugas kami dalam hal mencatat penduduk yang ada di lingkungan masing-masing,” sambungnya.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer