• Breaking News

    Dekranasda Jayawijaya bantu promosikan kerajinan tradisional




    Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Dekranasda Provinsi Papua, Yulce Wenda Enembe mengukuhkan Pengurus Dekranasda Kabupaten Jayawijaya di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya. Yulce Enembe berharap Dekranasda Jayawijaya mampu menjadikan berbagai kerajinan tradisional diminati pasar, sehingga dapat mengangkat kesejahteraan orang asli Papua.

    Dalam pelantikan itu, Yulce Enembe menyatakan Dekranasda Jayawijaya bisa menggarap pasar untuk meminati berbagai barang kerajinan orang asli Papua, seperti noken.

    Yulce menyatakan Dekranasda Jayawijaya perlu bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi, dan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya untuk dapat mempromosikan berbagai potensi daerah Jayawijaya.

    Ia menyatakan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua pada 2021 merupakan peluang untuk mempromosikan kerajinan khas Jayawijaya untuk menjadi buah tangan bagi kontingan PON.

    Ketua Dekranasda Jayawijaya, Yustina Yenny Banua mengatakan pihaknya akan terus menggali potensi yang dimiliki di Jayawijaya yang kaya akan kerajinan. Menurutnya, ada 40 distrik di Jayawijaya. Jika setiap distrik memiliki empat kelompok perajin, Jayawijaya akan mampu memproduksi banyak kerajinan tradisional.

    Membangkitkan perekonomian kampung dengan meningkatkan produktifitas dan kualitas kerajinan masyarakat akan membuat berbagai barang kerajinan dari Jayawijaya mampu menembus pasar regional dan internasonal. Ia berharap pengurus Dekranasda Jayawijaya dapat bekerja dengan melihat kebutuhan masyarakat di tingkat distik dan kampung.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer