• Breaking News

    Dukung Otsus Jilid 2 Demi Pendidikan Putra Papua




    Otonomi khusus jilid 2 tahun 2021 mendatang diharap akan makin memajukan masyarakat Papua, terutama di bidang pendidikan. Tidak ada lagi anak-anak yang buta huruf karena banyak sekolah yang dibangun, lengkap dengan fasilitas pendukungnya. Anggaran untuk pendidikan dari 20% dana otsus akan dikelola dengan baik.

    Tiga bulan jelang perpanjangan otonomi khusus di Papua, pemerintah sudah mempersiapkan segala sesuatu, terutama anggaran. Para otsus jilid 2, ada dana sebesar 21,4 trilyun.

    Uang sebanyak itu akan digunakan untuk membangun Papua, tidak hanya dari segi infrastruktur, tapi juga pendidikan. Untuk bidang edukasi mendapat jatah 25% dari total dana otsus.

    Para penyelenggaraan otsus jilid 1, banyak gedung sekolah yang dibuat hingga jauh ke pedalaman dan daerah perbukitan. Juga diberikan beasiswa kepada putra-putri Papua, dan mereka bisa sekolah sampai SMA, bahkan kuliah hingga ke luar negeri. Bidang pendidikan penting karena diharap putra Papua makin cerdas dan bisa membangun bumi cendrawasih dengan bijaksana.

    Sekarang di otonomi khusus jilid 2, makin besar harapan masyarakat Papua agar daerah mereka lebih maju, terutama pada sumber daya manusianya. Dana pendidikan pada otonomi khusus diharap tidak hanya untuk membangun gedung sekolah dan pembelian buku-buku di perpustakaannya, tapi juga faktor pendukung lain untuk meningkatkan kualitasnya.

    Peningkatan keterampilan bisa dengan pembukaan Sekolah Menengah Kejuruan dengan jurusan yang banyak diminati, seperti kecantikan, tata boga, otomotif, elektro, dan lain-lain. Jika anggaran otsus juga masuk ke sekolah vokasi, maka akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena lulusan SMK lebih siap kerja.

    Keterampilan yang dimiliki setelah mendapat pendidikan vokasi juga bisa jadi modal besar untuk membuka usaha baru. Jadi pemuda Papua tidak hanya ingin jadi pegawai swasta atau ASN, tapi juga jadi pebisnis handal. Saat mereka sukses, bisa turut membantu pemerintah daerah dalam membangun Papua, agar bumi cendrawasih makin modern.

    Dana otsus sangat bermanfaat karena bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia, melalui edukasi. Gedung sekolah dibangun dan diberi fasilitas perpustakaan dengan buku yang bagus. Kualitas pengajar juga diperhatikan. Dana otsus juga digunakan untuk memperbaiki di bidang pendidikan vokasi, agar putra Papua makin terampil.Sehingga mengurangi angka pengangguran di Papua dan otomatis mensejahterakan masyarakatnya.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer