• Breaking News

    Revisi Otsus Papua Jilid II Sejahterakan Masyarakat




    Demi kepentingan banyak orang otonomi khusus (Otsus) Papua perlu diperpanjang dan direvisi. Sejumlah warga Papua utamanya tokoh masyarakat berharap agar otonomi khusus yang diperdebatkan sejumlah pihak perlu kelanjutan dan evaluasi. Revisi ini diperlukan agar kesejahteraan Papua dapat mengalami peningkatan.

    Kepala Suku Pegunungan Tengah di Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Bani Tabuni menilai Otsus merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Papua.

    Dirinya juga menganggap bahwa Otsus harus perlu diperpanjang dan direvisi demi kepentingan banyak orang, bukannya menolak perpanjangan Otsus seperti yang dilontarkan beberapa oknum.

    Otonomi khusus merupakan solusi atas pembangunan berbagai sektor kesejahteraan masyarakat. Kalau mau mengharapkan APBN maupun APBD tidak seberapa, malah banyak daerah tidak tersentuh apalagi di wilayah pegunungan. Oleh karena itu jika ingin mendongkrak kemajuan Papua maka revisi Otsus Papua merupakan solusi yang tepat.

    Ia berharap kepada pemerintah agar lebih bijak dalam menanggapi dinamika yang ada saat ini terkait dengan revisi Otsus. Bahkan Banu Tabuni berharap agar Otsus Jilid II nanti dapat direvisi guna lebih tepat lagi.

    Dalam polemik ini memang ada pihak yang menolak, namun pada kenyataannya Otsus tidaklah gagal, karena banyak bukti yang nyata jika Otsus berhasil merubah kesejahteraan masyarakat secara perlahan.
    .
    Terbukti bahwa secara khusus, dana Otsus yang diterima oleh Papua sangat membantu dalam pembangunan, baik secara fisik maupun mental umat Tuhan di tanah Papua.
    .
    Membangun Indonesia bukan hanya membangun pulau jawa hingga muncul asumsi jawasentris. Namun harus tetap Indonesiasentris sehingga pemerataan pembangunan dapat terwujud. Tentunya revisi Otsus Jilid 2 harus tetap diupayakan demi kemajuan wilayah Papua di berbagai sektor.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer