• Breaking News

    Kepala Daerah dan Masyarakat Papua Mendukung Keberlanjutan Otsus



    Otsus yang akan diperpanjang 2021 mendatang sangat didukung oleh seluruh elemen masyarakat di Bumi Cendrawasih. Para kepala daerah juga setuju jika program ini dilanjutkan, karena terbukti membawa kemajuan.

    Papua adalah wilayah paling timur di Indonesia dan saat ini sudah banyak infrastruktur yang dibangun di sana. Mulai dari Jalan Trans Papua hingga jembatan kokoh, membuat Bumi Cendrawasih makin maju di bidang transportasi dan ekonomi.

    Otsus berlaku selama 20 tahun dan mulai 2021 mendatang akan ada perpanjangannya. Gubernur Papua Lukas Enembe menyatakan bahwa setuju dengan otsus. Karena dari dana otsus sudah dibangun Rumah Sakit dan fasilitas kesehatan lain. Dana otsus juga diberikan kepada putra Papua yang ingin kuliah, bahkan sampai ke Universitas di luar negeri.

    Lukas Enembe juga sudah menerima evaluasi dari program otonomi khusus yang dibuat oleh civitas akademika dari Unversitas Cendrawasih. Lalu menelitinya dan membuat berbagai evaluasi agar otsus berhasil.

    Sementara Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan juga mendukung otsus. Menurutnya, saat ini banyak anak Papua yang mendapat pendidikan tinggi berkat beasiswa otsus.

    Seluruh masyarakat Papua juga setuju dengan perpanjangan otsus, sesuai dengan instruksi Gubernur Papua Barat. Selain mengikuti pemimpin, mereka juga merasa otonomi khusus telah membawa Papua ke modernitas.

    Masukan dari para kepala daerah antara lain tentang dana otsus. Diharap jumlah anggaran otonomi khusus ditambah, karena ada inflasi tahunan. Sehingga pemberian dana otsus bisa merata dan ada kemajuan di wilayah Papua, hingga ke desa kecil.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer