• Breaking News

    Pemekaran Papua Mampu Percepat Pembangunan



    Pemekaran wilayah Papua sudah menjadi polemik sejak beberapa bulan lalu. Sejumlah kalangan menilai pemekaran itu harus ditolak lantaran membuat semakin besarnya beban birokrasi dan korupsi.

    Bahkan, pemekaran dinilai tak mampu selesaikan masalah HAM di Papua. Sementara itu, beberapa pihak merasa bahwa pemekaran Papua mampu mempercepat pembangunan sekaligus menjaga situasi keamanan.

    Kendati mendapat penolakan, sejumlah pihak mendukung langkah untuk melakukan pemekaran. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian misalnya menilai pemekaran sejumlah wilayah di Papua dilakukan untuk mempercepat pembangunan. Selain itu, situasi keamanan di Papua juga akan terjaga.

    Kita bicara masalah kesatuan dan persatuan bangsa. Paling utama kecepatan dalam rangka percepatan pembangunan. Masalah di Papua adalah masalah ekonomi yang paling utama, saya kan mantan kapolda di sana dua tahun. Jadi kalau percepatan ekonomi di Papua Barat, percepatan ekonomi, kita lihat juga kekerasan langsung menurun,” ujar Tito

    Menurut Tito, Gubernur Papua Lukas Enembe menyetujui pembicaraan Papua Selatan.

    “Dengan keterbatasan anggaran yang ada, maksimal hanya bisa dua yaitu Papua Selatan yang sudah, gubernurnya mau, dan para bupati juga mau, aspirasinya kuat di sana. Untuk pegunungan tengah ini kita sinkronkan dulu,” imbuh Tito.

    Senada diungkapkan Menkopolhukam Mahfud MD. ia mengatakan aspirasi pemekaran wilayah Papua disampaikan masyarakat Papua saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

    “Bahwa ada yang tidak setuju, biasa saja. Pasti ada yang tidak setuju, kan sekarang belum dimekarkan. Tapi nampaknya upaya pemekaran itu tepat,” jelas Mahfud MD.


    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer