• Breaking News

    Pemuda Papua Minta Masyarakat Dukung Kelanjutan Otsus




    Ikatan Keluarga Besar Philpto (IKBP) Papua dan Pemuda Mandala Trikora Papua meminta semua warga masyarakat mendukung keberlangsungan Otonomi Khusus (Otsus) Papua

    Ketua IKBP Papua Benyamin Tiris mengatakan, keberadaan Otsus di Papua sangat penting bagi pembangunan dan kesejahteraan rakyat Papua. Meski begitu, pihaknya berharap Otsus dievaluasi.

    "Otsus perlu dilanjutkan namun sebelum dilanjutkan, kami sangat mengharapkan untuk perlunya dilakukan evaluasi sehingga kedepan lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya dalam hal pengelolaan Otonomi Khusus itu sendiri," ucapnya di Jayapura.

    Dia mengatakan, Otsus Papua adalah produk undang-undang, sehingga tidak ada istilah Jilid I atau II. Otsus akan tetap berlanjut hanya saja akan ada beberapa pasal yang direvisi.

    "Jangan menggiring opini adanya penolakan Otsus Jilid II, karena otonomi khusus ini tidak ada Jilid atau tahap. Yang ada keberlangsungan Otonomi khusus tetap dilanjutkan, yang ada adalah akan ada revisi dan evaluasi menyeluruh untuk perbaikan dimasa mendatang," katanya

    Ketua Mandala Trikora, Ali Kabiay menekankan perlunya evaluasi menyeluruh Otsus yang berlangsung. "Otonomi Khusus tetap dilanjutkan namun perlu dievaluasi agar lebih menyentuh kepada rakyat. Harus dievaluasi menyeluruh dari tingkat Kabupaten Kota hingga Provinsi," tegasnya.

    Ali menambahkan, otonomi khusus bagi Papua dalam hal ini Undang-Undang No 21 tahun 2001 tentang Otsus tidak akan pernah ada kata berakhir karena merupakan produk undang-undang yang sah.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer