• Breaking News

    Anggar Mempawah Jaga Asa Tradisi Emas PON



    Kabupaten Mempawah merupakan Kabupaten yang selalu mampu mencetak atlet anggar berprestasi baik dikancah nasional maupun internasional. Prestasi ini dihargai oleh Pemerintah Pusat dengan diangunnya Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Anggar di Kabupaten Tersebut.

    Saat ini para atlet anggar Mempawah sedang mempersiapkan diri menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan dilaksanakan di Papua 2 hingga 23 oktober 2021.

    Pelatih Anggar Mempawah, Verdiana Rihandini mengatakan karena Pandemi COVID 19, PON yang harusnya dilaksanakan tahun ini harus tertunda hingga 2021 mendatang.

    Diakuinya pula karena Pandemi ini persiapan atlet anggar dari Mempawah juga cukup terganggu.

    "Memang di awal Pandemi kemarin kita harus latihan mandiri di rumah, sesekali kita pantau melalui video. Dan ini sangat berdampak pada menurunnya fisik para atlet," ujarnya.

    Sementara diakui olehnya dari Mempawah terdapat tiga atlet anggar yang harus dipersiapkan untuk menghadapi PON mewakili Kalbar.

    Dan tentunya tradisi emas di PON yang selama ini selalu menjadi kebanggaan atlet anggar Mempawah harus dipertahankan.

    "Ada tiga atlet kita yang akan ikut serta di PON nanti, di nomor Sabel putra, Sabel Putri dan Floret putri. Untuk menjaga asa tradisi emas kita kami sudah mulai latihan di gedung sejak juni lalu, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan kita coba kembalikan kemampuan fisik mereka, dan setiap senin kita di gor khusus untuk latihan fisik," ungkapnya.

    Karena Pandemi pula atlet yang biasanya berlatih tanding di luar daerah dengan atlet berkualitas dari daerah lain juga diakuinya saat ini tak dilakukan.

    Sebagai gantinya kompetisi intern ia lakukan guna tetap menjaga insting bertanding para atlet.

    "Jiwa kompetisi atlet juga harus kita jaga, karena Pandemi kita tidak bisa latih tanding atau ikut kejuaraan diluar. Sebagai gantinya kita lakukan kompetisi intern di pusdiklat ini, dengan harapan jiwa kompetisi mereka tetap terjaga," paparnya.

    Diakui olehnya pula saat ini memang belum dilaksankan TC terpusat namun masih secara mandiri. Namun ia berharap jikapun dilaksakana pelatda, tetap dilakukan di Mempawah.

    "Sejak 2004 khusus anggar pelatihan terpusat selalu disini maka untuk PON kali ini kami juga inginnya disini. Saat ini masih TC mandiri dan ini juga sudah mendapat dukungan dari KONI," tuturnya.

    Termasuk pula menurutnya asupan gizi para atlet yang mengahadapi PON nanti, KONI juga sudah membantu pembiayaannya.

    "Untuk makanan dan minumannya KONI sudah membantu agar dimasa Pandemi ini gizi mereka terpenuhi. Dan terpenting para atlet tidak terpapar COVID 19 hingga pelaksaan PON nanti," pungkasnya.



    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer