• Breaking News

    Gemuvi Dukung Pemekeran Provinsi Papua Tengah



    Gerakan Muda Visioner (GEMUVI) mendukung proses pemekaran provinsi di Papua sebagai upaya penyebaran sentra-sentra pelayanan publik dan aktivitas ekonomi di wilayah tersebut.

    Direktur Eksekutif GEMUVI, Teofilus Mian Parluhutan mengatakan,  pemekaran provinsi Papua Tengah merupakan solusi konkret untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

    “Fungsi dari pemekaran suatu wilayah ini adalah, keinginan untuk menyajikan pelayanan kepada publik secara lebih baik, yang dilihat dari wilayah kewenangan terbatas maupun terukur. Melalui sistem ini diharapkan wilayah pelayanan menjadi lebih luas, namun tetap dalam perencanaan pembangunan daerah dengan skala lebih tersekat. Sehingga pelayanan khalayak ramai akan kebutuhan lokal akan lebih tersedia,” sebut Teofilus.

    Disebutkan Teofilus, pemekaran wilayah adalah salah satu aspek penting dari pelaksanaan otonomi daerah, yang sesuai dengan ketentuan PP No 78 Tahun 2007. Yakni, berkenaan tentang pemekaran wilayah Provinsi, Kabupaten atau Kota. Pemekaran wilayah penting untuk direalisasikan karena merupakan upaya dalam mewujudkan pemerintahan yang efektif dan efisien. Selain itu, akan dapat berdaya guna demi tercapainya percepatan pemerataan kesejahteraan masyarakat.

    “Keberhasilan pemekaran menjawab berbagai permasalahan Papua dalam konteks OTSUS justru terletak pada kelihaian instrumentasi dan reinstrumentasi yang dapat menjembatani aspirasi lokal dan kepentingan strategis nasional. Singkatnya, pemekaran hanyalah sarana yang harus diberi substansi lebih untuk dapat menjadi solusi bagi kompleksitas persoalan Papua”, jelasnya.

    Meski demikian, Teofilus juga mengingatkan pemekaran Provinsi Papua Tengah harus juga diimbangi dengan membangun aparat birokrasi atau terlebih dulu sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan menyiapkan potensi ekonomi daerah yang bisa diandalkan.

    “Menurut kami kesiapan sumber daya manusia berupa aparat birokrasi lokal merupakan hal mutlak. SDM yang memadai dan kompeten diperlukan untuk menjalankan birokrasi pemerintahan secara efektif, efisien dan profesional.”

    Senada dengan itu Bupati Nabire, Isaias Douw, S.Sos., MAP, selaku Ketua Tim Pengusul Pemekaran Papua Tengah mengatakan, Papua Tengah memiliki keinginan kuat untuk maju seperti daerah lain di Indonesia

    “Kami tidak mau Papua Tengah gagal untuk kedua kalinya. Kami mempunyai potensi ekonomi yang kuat dan akan terus berjuang,” ucap Isaias Douw.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer