• Breaking News

    Pemekaran Wilayah Menyejahterakan Papua



    Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw menyambut baik rencana pemekaran wilayah Papua. Langkah itu dinilai mempererat hubungan pemerintah pusat dan daerah.
     
    "Kami setuju saja," kata Paulus di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan.
     
    Menurut dia, pemekaran Papua berdampak positif dari segala aspek. Keamanan dan kesejahteraan masyarakat Papua dinilai bisa semakin terjamin.

    "Juga dari sisi kemasyarakatan sosial," imbuh Paulus.
     
    Dia mengeklaim sarana dan prasarana di Papua siap menyokong pemekaran wilayah. Fasilitas sudah tersedia di empat kabupaten dan satu kota.
     
    "Sebagian besar sudah terpenuhi" ucap dia.
     
    Di sisi lain, Paulus mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo yang 13 kali mengunjungj Papua. Jokowi dinilai semakin memahami situasi di Bumi Cenderawasih.
     
    Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memastikan moratorium pembentukan daerah otonomi baru (DOB) di wilayah lain tetap berlaku, kecuali Papua. Pasalnya, pemerintah memiliki anggaran terbatas bagi 183 wilayah yang meminta pemekaran.
     
    Papua mendapat kesitimewaan karena alasan keamanan dan percepatan pembangunan. Namun, pemerintah hanya menyetujui pemekaran dua provinsi dari tiga wilayah yang diusulkan pemda. Dua calon provinsi baru ialah Papua Selatan dan Papua Pegunungan Tengah.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer