• Breaking News

    Kementerian PUPR Kebut Pengerjaan 3 Venue PON Papua



    Kementerian PUPR kebut pembangunan 3 venue  Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021. Ke-3 venue yang masih dalam pengerjaan yakni venue panahan, venue sepatu roda dan venue dayung.

    Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Papua, Cornelis Sagrim mengatakan terdapat 7 venue yang dibangun, 4 di antaranya mencapai 100 persen yakni venue aquatic, venue istora, venue hoki dan venue kriket. Sedangkan 3 lainnya masih dalam proses pembangunan.

    "Termasuk 2 paket penataan kawasan yang ada di Kampung Harapan dan Doyo. Selama ini kendala yang masih dihadapi adalah pembebasan lahan. Seperti di Kampung Harapan masih tersisa 12 rumah yang belum dibebaskan dan ini sangat mengganggu efektivitas di lapangan," kata Cornelis.

    Cornelis menambahkan target pembangunan 3 venue yang masih tersisa paling lambat terselesikan Agustus 2021.  

    "Kami berharap pemerintah Provinsi Papua melalui intansi terkait segera menyelesaikan pemindahan warga di kawasan pembangunan," katanya.

    Sementara di Doyo Baru untuk akses jalan ke venue kriket dan hoki masih dalam proses pembebasan lahan untuk akses jalan yang dibangun oleh provinsi. Bahkan sempat beberapa kali dipalang.

    Termasuk pembangunan venue sepatu roda dan panahan sudah mulai dikerjakan. Sedangkan venue dayung masih terkendala pembangunannya, karena terletak di area konservasi, sehingga masih menunggu perjanjian antara pemerintah provinsi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Papua.  

    "Sesuai jadwal akan dikerjakan pada Januari 2021, untuk menunggu kajian dari pemerintah dan Kementerian LHK Papua," Cornelis menambahkan.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer