• Breaking News

    Mahasiswa Papua di Jabar Dukung Kebijakan Pemerintah Otsus




    Komite Peduli Papua Jawa Barat berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan Otorisasi Khusus (Otsus) jilid II terhadap provinsi Papua.

    Hal ini dikemukakan dalam bentuk deklarasi bersama, setelah sebelumnnya digelar acara kajian Lembaga Kebijakan Kajian Publik dan Hukum (LKKPH) Neraca dengan dihadiri 31 mahasiswa di Hotel Serela, Kota Bandung.

    Ketua Pelaksana Muhammad Ari mengatakan selaku pelaksana kegiatan bekerjasama dengan LKKPH Neraca/Komite Peduli Papua Jawa Barat mengatakan, saat ini muncul kondisi cukup memanas terkait akan diadakannya Otsus  jilid II.

    ’’Telah muncul beberapa penolakan dari kelompok-kelompok mahasiswa yang berusaha mengundang memanasnya kondisi di NKRI tercinta,’’kata Ari.

    Berkaitan dengan permasalahan ini, rasanya sebagai bangsa mengiginkan kondusifitas dan keamanan serta kesejahteraan, sekaligus mengetahui secara langsung pandangan dari mahasiswa asal Papua.

    ’’Kami mengundang kawan-kawan mahasiswa papua untuk sama-sama mengemukakan pendapat dan sikap kawan-kawan Mahasiswa Papua secara tegas mendukung diberlakukannya Otsus Papua Jilid II,’’ujar Ari.

    Ari menilai, kegiatan silaturahmi dan deklarasi ini, pada dasarnya Otsus Papua adalah solusi bagi penyelesaian masalah Papua di waktu lalu.

    Otsus jilid II bersifat multidimensi dan landasan legal formal pemberian kewenangan khusus oleh negara kepada pemerintah dan rakyat di provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

    ’’Jadi artinya komitmen mengalokasikan sejumlah sumber-sumber pendanaan yang bersifat afirmatif bagi kedua provinsi tersebut sebagaimana diatur di dalam Pasal 34 s/d 36 UU Otsus Papua,’’tutur Ari.

    Dia menambahkan, Otsus jilid II merupakan peluang bagi pemerintah dan masyarakat di bumi cendrawasih untuk memacu proses-proses akselerasi pembangunan diberbagai bidang. Baik fisik maupun non fisik, peningkatan mutu penyelenggaraan pemeritahan dan pelayanan publik.

    Untuk itu, terkait diberlakukannya Otsus Papua, diperlukan kegiatan agar semua pihak khususnya mahasiswa asal Papua yang berada di Jawa Barat dapat mendeklarasikan bahwa Mahasiswa Papua di Jawa Barat mendukung Otsus Papua

    Sementara itu, perwakilan mahasiswa Papua disampaikan oleh Isak Efun dengan didampingi Charles Wonogobu dan Mixon Sagiasolo  mengatakan, pihaknya sepakat bahwa Otsus jilid II harus didukung.

    Mahasiawa dan masyarakat Papua  melihat Otsus ini bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Sehingga jangan melakukan hal-hal yang menimbulkan konflik sesama masyarakat Papua.

    Dia menghimbau agar seluruh Mahasiawa dan masyarakat asal Papua yang berada di Jawa Barat kebijakan pemerintah pusat dalam rangka mensejahterakan rakyat Papua melalui Otsus.

    ’’Kami adalah bagian dan mewakili Mahasiswa asal Papua yang saat ini sedang melakukan studi di Jawa Barat berharap Otsus Papua tetap berlanjut, demi pembangunan dan kemajuan di Papua. Pihak yang menolak Otsus Papua sama sekali tidak mewakili suara nurani orang Papua,’’tutup Isak.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer