• Breaking News

    Papua Bagian Sah Indonesia




    Sejumlah pihak menegaskan tidak perlu lagi ada tuntutan referendum bagi Papua. Papua adalah bagian sah dari NKRI.

    Indonesia adalah negara muktikultur yang terkenal akan keberagamannya. Tak hanya dari sisi agama yang, namun juga seni, budaya serta adat yang menyertainya. Indonesia terdiri dari ribuan pulau besar dan kecil. Yang terbentang dari sabang (ujung Sumatera) sampai Merauke (Papua).

    Papua bagian dari Indonesia telah diketahui sejak dahulu. Sejarah panjang perebutannya-pun menjadi saksi bisu bahwa Papua adalah NKRI. Pembebasan Irian Barat (Sebutan Papua kala itu) oleh para pahlawan menjadi tolok ukur betapa NKRI menghargai bumi Cendrawasih sebagai bagian darinya.

    Sekilas sejarah Operasi Pembebasan Irian Barat, yang dulunya dikenal dengan sebutan Operasi Trikora (tahun 1962). Yang mana tidak bisa dilepaskan dari Konferensi Meja Bundar (KMB) di Belanda pada tahun 1949. Ternyata pengukuhan pengakuan Belanda terhadap kemerdekaan RI masih meninggalkan wilayah West New Guinea atau Irian Barat. Sementara hal ini harus selesai dalam kurun waktu satu tahun.

    Permasalahan tak berhenti disitu, bahkan sejak tahun 1954 rupanya Belanda sengaja menutup rapat wilayah dari perundingan. Indonesia menilai tak ada cara lain selain menggunakan operasi militer guna kembalikan wilayah tersebut ke pangkuan RI.

    Secara signifikan Jakarta resmi memutus hubungan diplomatik dengan Belanda, tahun 1960. Beriringan dengan hal itu, Indonesia menerima pasokan senjata dari Uni Soviet. Fakta pertahanan Asia Tenggara (SEATO) berafiliasi ke Amerika Serikat masih menghendaki Belanda menduduki Irian Barat. Namun agaknya pandangan mereka mendua ketika melihat semangat rakyat RI begitu tinggi untuk merebut kembali wilayahnya.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer