• Breaking News

    Setelah Gubernur, Ketua DPR Manokwari juga Dukung Otsus




    Belum lama ini Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus mengajak masyarakat Papua Barat untuk mendukung keberlanjutan Otonomi Khusus (Otsus) Jilid II. Dukungan dan komitmen yang sama disampaikan Ketua DPRD Manokwari.

    Yustus Dowansiba, Ketua DPRD Manokwari, mengatakan untuk Kabupaten Manokwari Otsus sudah dirasakan terutama di Pendidikan, Kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

    “Saya selaku Ketua DPRD Manokwari mendukung keberlanjutan Otsus di Manokwari demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat saya juga mengajak masyarakat untuk mendukung Otsus jilid II terutama dalam bidang pendidikan dan kesehatan,” kata Yustus.

    Dirinya tidak menampik, saat ini masih ada yang mengatakan otsus gagal mensejahterakan masyarakat Papua, karena masih banyak masyarakat OAP yang masih harus membayar ketika berobat.

    Hingga, Yustus menyarankan agar penyaluran dana otsus kiranya dapat mengikuti metode penyaluran dana kampung yang diberikan langsung kepada masyarakat sehingga dana yang diberikan pemerintah dapat dirasakan langsung masyarakat,” bebernya.

    “Saya telah sampai ketingkat bawah dan memang masyarakat belum merasakan dampak otsus. Mereka meminta agar penyaluran dana otsus bisa mengikuti metode penyaluran dana kampung yang diberikan secara langsung sehingga dampaknya bisa dirasakan langung juga oleh masyarakat,” saran Yustus.

    Namun, kata Yustus, keberlanjutan otsus sepenuhnya kewenangan Pemerintah Pusat.

    “Kewenangan itu ada pada Pemerintah Pusat. Yang diinginka masyarakat dalam otsus jilid II pemerintah dapat meningkatkan terutama pada pendidikan dan kesehatan,” kata Yustus, seraya mendukung audit terhadap penggunaan dana otsus.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer