• Breaking News

    Pemprov Papua Barat Akan Menganggung Biaya Berobat Kepada Warganya Yang Terkena Virus Corona

    Pemprov Papua Barat Akan Menganggung Biaya Berobat Kepada Warganya Yang Terkena Virus Corona

    Pemerintah kabupaten dan kota se-Papua Barat berupaya untuk menanggung biaya pengobatan bagi setiap pasien yang terkonfirmasi positif terjangkit corona atau Covid-19. Dalam situasi darurat pemerintah akan berupaya maksimal menanggulangi kebutuhan anggaran.

    “Saya rasa untuk situasi seperti itu pemerintah akan ambil alih, karena ini masuk dalam keadaan force majuere,” kata Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Otto Parorongan, Selasa, (17/3/2020) lalu.

    Menurut  Otto, dalam pencegahan dan penanganan kasus corona di Papua Barat Satgas akan mengajukan anggaran kepada pemerintah daerah.

    Meski hingga saat ini belum ditemukan kasus covid di Papua Barat. Ia mengajak masyarakat serentak melakukan aksi pencegahan dengan melaksanakan imbauan Satgas Covid-19 yang dibentuk pemerintah daerah.

    “Sampai hari ini kita baru sekali mengirim sample untuk dilakukan uji laboratorium dan hasilnya negatif. Itu sample dari WNA China di Sorong, setelah itu belum ada lagi. Berdoa semoga tidak ada lagi,” kata Otto menambahkan

    Kewaspadaan masyarakat dan seluruh instansi dinilai memiliki peran besar dalam pencegahan kasus corona. Ia menyarankan bepergian ke luar daerah, terutama di daerah-daerah terjangkit sebaiknya ditunda untuk sementara.

    “Tingkatkan imunitas tubuh dengan rajin melakukan aktivitas fisik dan makan makanan bergizi. Juga yang paling penting jaga kebersihan dengan mencuci tangan sesering mungkin,” katanya.

    Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menyatakan saat ini belum menerapkan kebijakan lockdown bagi masyarakat. Meski ia  mengakui aktivitas di luar daerah bagi aparatur sipil negara (ASN) mulai dibatasi untuk menekan potensi penyebaran.

    “Akan liat skala kepentinganya bagi masyarakat. Sekiranya kegiatan itu sangat penting bagi masyarakat maka kita harus berangkat,” kata Mandacan.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer