• Breaking News

    Jalan Darurat Wamena-Yalimo Diselesaikan Satu Minggu



    Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Wamena bergerak cepat tangani jalan darurat, guna membuka kembali akses Trans Papua Wamena-Yalimo yang terputus pada kilometer 63 dari Wamena.

    Jalan darurat dipastikan dapat dilewati, setelah dilakukan pembangunan dengan target penyelesaian 1 minggu.

    Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Wamena, Zepna Kambu menyebutkan terdapat 3 alat berat yang digunakan untuk memulai pembangunan jalan darurat.

    “Kami mulai pindahkan batu-batu besar untuk membuat jalan darurat dengan target pengerjaan selama satu minggu. Jika curah hujan tinggi, kami akan lebih banyak lagi kerahkan alat berat,” jelas Zepna Kambu, Selasa 23 Februari 2021, saat meninjau jembatan yang putus di kilometer 63 dari Wamena.

    Zepna mengaku situasi ini tak pernah diduga, sebab jalan yang sudah baik dan jembatan yang permanen dapat rusak dengan bencana alam yang terjadi.

    “Apalagi jalan yang masih tanah? Hal ini tidak bisa salahkan satu sama lain, karena kondisi bencana alam tak pernah ada yang mengetahui kapan akan terjadi,” katanya.

    Sedangkan untuk jembatan permanen, akan dilakukan pembersihan dengan mengangkat jembatan yang terputus. Menurutnya tim teknis akan mengkaji ulang, apakah jembatan ini masih bisa digunakan atau tidak.

    “Pembangunan jembatan permanen tetap dilakukan di jalan Trans Nasional yang dianggarkan pada 2022. Saat ini yang akan dilakukan adalah membuka jalan darurat, setelah itu dipikirkan untuk pengerjaan jembatan permanen, karena bagian ujung jembatan arah Yalimo-Jayapura longsornya cukup panjang sekitar 15 meter. Kami minta warga bersabar dengan penanganan darurat ini,” katanya.

    Jalan darurat Wamena-Yalimo dibangun karena jembatan permanen Kali Bion sepanjang lebih dari 50 meter yang terletak di kilometer 63 dari Wamena, tepatnya di antara Kampung Abenaho dan Kampung Sebi, Kabupaten Yalimo terputus karena diterjang banjir dan luapan air sungai menggerus pondasi jembatan yang terjadi Senin dini hari, 22 Februari 2021.

    Sumber : https://kabarpapua.co/cegah-warga-terisolasi-jalan-darurat-wamena-yalimo-diselesaikan-satu-minggu/

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer