• Breaking News

     PLN dorong UMKM Papua naik kelas lewat bantuan program TJSL



    PT PLN (Persero) mendorong perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Papua agar dapat naik kelas guna meningkatkan daya saing melalui Program Tanggung Jawab dan Sosial (TJSL).

    Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Keuangan PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Rio Widiya Nugraha di Jayapura, Rabu, mengatakan bantuan program TJSL diberikan antara lain untuk kelompok usaha yakni Kelompok Centra Agrobisnis Arso 14 di Kabupaten Keerom dan Kelompok Budidaya Ikan Lele di Kabupaten Kepulauan Yapen.

    “Bantuan yang kami berikan ini menjadi salah satu bentuk komitmen PLN dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goal (SDG),” katanya.

    Menurut Rio, pihaknya tidak hanya fokus dalam menghadirkan listrik, namun juga ingin turut andil dalam meningkatkan taraf kehidupan masyarakat yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.

    “Berawal dari adanya pemberian pelatihan kemudian pendampingan dua binaan PLN yang bergerak di bidang penanaman dan pengolahan buah-buahan serta budidaya ikan lele akhirnya bisa terus berkembang,” ujarnya.

    Dia menjelaskan dengan program naik kelas PLN diharapkan dapat menambah keuntungan para pelaku usahanya dengan hasil produksi yang banyak, berkualitas dan bisa diterima pasar.

    “Upaya yang kami lakukan merupakan wujud komitmen PLN dalam menciptakan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, ke depan para kelompok UMKM yang menjadi salah satu penopang ekonomi lokal serta dapat terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi sehingga mampu bersaing dengan usaha lainnya baik,” katanya.

    Dia menambahkan adapun bantuan untuk Kelompok Centra Agrobisnis Arso 14 berupa lemari pendingin dan tambahan bahan baku produksi, sementara itu untuk Kelompok Budidaya Ikan lele yakni penambahan 10 buah bak penampungan, 20.000 bibit ikan lele serta perlengkapan ternak seperti timbangan dan mesin press kemasan.

    SUMBER : https://papua.antaranews.com/berita/697320/pln-dorong-umkm-papua-naik-kelas-lewat-bantuan-program-tjsl

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer