• Breaking News

    3 Siswa TNI Papua Ingin Mundur, Kak Pembina Berikan Motivasi

    Hanya Orang-orang Yang Bermental Baja Yang Mampu Menghadapi Berbagai Ujian

    Pada 26 Desember 2019 teleh beredar video di sosial media facebook dimana akun a.n. Manuel Matemko menpublikasikan sebuah video berisi tiga orang siswa Papua yang minta mundur dari pendidikan militer di Papua. Perlu dijelaskan bahwa video tersebut adalah kegiatan konseling rutin yang dilakukan oleh pelatih dan pembina di seluruh lembaga pendidikan militer di seluruh Indonesia termasuk di papua.

    Mekanisme kegiatan ini dilaksanakan oleh pembina/pelatih dengan memanggil setiap siswa baik secara perorangan maupun dalam kelompok kecil untuk didengarkan segala keluhan para siswa dari hati-ke hati serta memberikan motivasi dan membangkitkan semangat kepada siswa dalam menjalani pendidikan militer yang sangat berat.

    Secara umum pada awal pendidikan setiap siswa dalam pendidikan pembentukan TNI pasti akan mengalami situasi mental dalam keadaan down (jatuh mental). Karena para siswa akan menghadapi perubahan lingkungan yang sangat drastis. Dari lingkungan kehidupan sipil yang sangat bebas cenderung liar masuk kedalam linkungan kehidupan militer yang sangat ketat dan penuh disiplin.

    Bagi mereka yang memiliki jiwa yang kuat, tahan menderita dan teguh pada pendirian akan sukses dalam menjalani pendidikan dan kokoh dalam mengemban segala tugas dan tanggung jawab seberat apapun tantangan yang dihadapinya sebagai seorang prajurit kesatria. Tetapi bagi mereka yang bermental lemah, cengeng dan pengecut serta penakut dengan sendirinya akan tersisi dan terseleksi. Karena hanya orang-orang yang bermental baja yang mampu menghadapi berbagai tantangan.

    Perlu juga ditegaskan bahwa dalam rekrutmen anggota TNI tidak ada unsur paksaan bagi siapapun, mungkin saja ada dorongan dari personel TNI di wilayah atau dari pihak manapun, tetapi bukan berati dalam bentuk paksaan apalagi ancaman. Setiap calon TNI akan mengajukan lamaran secara sukarela, dan akan menandatangani surat kesanggupan mengikuti pendidikan dan melaksanakan tugas sebagai prajurit TNI serta siap ditempatkan di manapun di seluruh wilayah NKRI.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer