• Breaking News

    Hebat! Dalam Dua Hari Distrik Balingga Telah Terkuasai

    Dalam Dua Hari Distrik Balingga Telah Terkuasai

    Kontak senjata antara pasukan gabungan TNI-Polri dengan kelompok kriminal bersenjata ( KKB) di Distrik Balingga, Kabupaten Lanny Jaya, Papua, terjadi selama dua hari. Kejadian tersebut berawal pada Minggu (1/12/2019) malam atau saat perayaan HUT OPM, dan Senin (2/12/2019) pagi.

    Candra memperkirakan, wilayah kekuasaan pimpinan Purom Okinam Wenda tersebut sebelumnya sulit untuk ditembus. "Balingga itu dari dulu markasnya Purom yang tidak tersentuh sama sekali," ujar Candra, saat dihubungi, Senin malam.

    Pasukan TNI-Polri juga telah berhasil merebut satu titik strategis yang sebelumnya dikuasai Purom Wenda. Daerah tersebut adalah Kampung Popome, Distrik Mokoni. Dalam kontak senjata itu, petugas berhasil menewaskan dua anggota KKB dan menyita satu pucuk senjata jenis revolver.

    Namun, menurut Candra, kedua korban tidak tewas secara bersamaan. Pada kontak senjata pertama atau Minggu malam, seorang anggota KKB berhasil dilumpuhkan. Kemudian pada Senin pagi, petugas menembak seorang anggota KKB lainnya. Sementara dari pihak petugas keamanan dipastikan tidak ada korban.

    Setelah berhasil diduduki, kini TNI telah mendirikan pos di Popome. Masuknya Balingga sebagai salah satu zona merah juga sempat diakui oleh Sekretaris Daerah Lanny Jaya Christian Sohilait. Ia mengakui, ada beberapa distrik di Lanny Jaya yang merupakan wilayah perlintasan atau bahkan menjadi markas KKB.

    Karenanya sangat mungkin bila beberapa kepala kampung diinterfensi oleh KKB yang sedang melintas. Kelima distrik yang dimaksud adalah, Distrik Wano Barat, Kuyawage, Balingga Barat, Balingga, dan Ayumnati.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer