• Breaking News

    Pertama Kalinya Freeport Punya Bos Baru Putra Papua

    Pertama Kalinya Freeport Punya Bos Baru Putra Papua

    PT Freeport Indonesia (PTFI) diam-diam punya jajaran direksi dan komisaris baru. Pergantian tersebut setelah dilaksanakannya rapat umum pemegang saham (RUPS) PTFI di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada Jumat (7/2/2020) lalu.
    Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, pergantian kepengurusan ini dilakukan untuk mengisi kekosongan di sejumlah jabatan. Presiden Direktur PTFI saat ini diisi oleh Clayton Allen Wenas, sedangkan Wakil Presiden Direktur diisi oleh Jenpino Ngabdi.

    "Memang sejak 7 Februari ada kekosongan di kepengurusan komisaris dan direksi (PT Freeport). Direktur Utama Clayton Allen Wenas, Wakil Direktur Utama Jenpino Ngabdi," kata Arya di Kementerian BUMN, Senin (17/2/2020).

    Menariknya, ada putra Papua di jajaran direksi bernama Claus Wamafma. Arya bilang, ia adalah orang Papua yang sudah berkarir di Freeport selama 20 tahun. Posisinya memecahkan sejarah sebagai orang Papua pertama yang menjadi Direktur di PTFI.

    "Dia sebelumnya SVP membawahi CSR Partnership Fun dan Community Development. Dia adalah direktur orang papua asli yang berkarir dari bawah. Ini baru pertama direkturnya orang Papua yang berkarir dari bawah," sebutnya.

    Dengan adanya jajaran direksi dan komisaris yang baru, penyelesaian tambang grasberg diharapkan bisa sesuai schedule. Namun saat ditanya kapan waktunya, Arya tidak bisa menjelaskan.

    "Tambang itu kan masih dibangun (grasberg), taget kita mereka sesuai dengan schedule sudah bisa menambang nanti. Sekarang baru bikin infrastruktur untuk penambangannya. (Kapan schedule-nya) lupa," sebutnya.

    Berikut jajaran Komisaris dan Direksi baru PTFI :
    ● Presiden Komisaris
    Richard C. Adkerson
    ● Wakil Presiden Komisaris
    Orias Petrus Moedak
    ● Komisaris
    Adrianto Machribie, A.M. Fachir, Hinsa Siburian, Kathleen Lynne Quirk

    ● Presiden Direktur
    Clayton Allen Wenas
    ● Wakil Presiden Direktur
    Jenpino Ngabdi
    ● Direktur
    Achmad Ardianto, Claus Wamafma, Mark Jerome Johnson, Robert Charles Schroeder

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer