• Breaking News

    Tokoh di Balik Konflik Nduga, Siapa Egianus Kogoya?

    Tangkap Egianus Kogoya

    Egianus Kogoya dianggap sebagai tokoh yang paling bertanggung jawab atas semua aksi serangan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata KKB selama beberapa tahun terakhir ini. Sebagai kelompok yang bertentangan dengan NKRI, komplotan pimpinan Egianus Kogoya ini bisa dibilang mempunyai seambrek catatan hitam. Sosok mantan preman ini terkenal sadis dalam membantai korbannya.

    Fakta lain tentang kelompok ini adalah bagaimana keterkaitan mereka dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM), komplotan bersenjata ini bisa dipastikan akan terus melakukan aksi brutal dan kejinya demi memisahkan diri dari NKRI. Termasuk membunuh warga sipil Papua yang mencoba menghalangi aksi mereka.

    Egianus Kogoya merupakan pemimpin OPM yang sebelumnya berafiliasi dengan OPM pimpinan Goliath Tabuni di Kabupaten Puncak Jaya. keberadaan Egianus Kogoya juga sulit dipastikan, karena mereka selalu berpindah tempat setiap melakukan aksi. Egianus mengedepankan paham politik yang berlawanan dengan pemerintah. Kelompok Egianus menolak mengakui pemerintah RI.

    Sebelumnya kelompok ini melakukan penyerangan terhadap lapangan terbang di Kenyam. Tidak berhenti disitu, pada 28 Oktober lalu mereka juga menyekap 15 guru yang ada di wilayah Penduma, Nduga selama 15 hari. Pos TNI di Kabupaten Nduga juga sempat merasakan aksi liar mereka. Kemudian pembantaian 19 karyawan PT Istaka Karya yang sedang dalam proyek infrastruktur.

    Melihat fakta-fakta tentang mereka, pastinya menjadi hal yang wajib untuk segera menumpas kekejaman kelompok itu. Selain untuk mencegah kejadian seperti ini terulang, penumpasan kelompok-kelompok separatis layaknya OPM, KKB, TPNPB dan sayap militer lainnya, juga menjadi cara menghindarkan negara ini dari perpecahan.


    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer