• Breaking News

    BPJAMSOSTEK Jayapura Gelar Vokasi Bagi Tenaga Terja Korban PHK

    BPJAMSOSTEK Jayapura Gelar Vokasi Bagi Tenaga Terja Korban PHK

    Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) atau BPJAMSOSTEK Cabang Papua Jayapura menggelar pelatihan atau disebut Vokasi Indonesia Bekerja bagi tenaga kerja yang telah mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) dan kini belum bekerja lagi.

    I Ketut Arja Leksana Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Papua Jayapura di Jayapura mengatakan, pelatihan tersebut berupa operator komputer, desain grafis, editing video dan digital marketing bekerja sama dengan LPK Sentra Anugrah Mandiri.

    "Untuk program vokasi tersebut sifatnya adalah gratis, sehingga tidak ada biaya sama sekali yang dibebankan kepada peserta," katanya.

    Menurut I Ketut Arja, untuk kuota pelatihannya per kelas atau program adalah 16 orang sehingga untuk peserta BPJAMSOSTEK yang ingin mendapatkan pelatihan tersebut dapat segera melaporkan diri ke Kantor Cabang Papua Jayapura.

    "Adapun syarat menjadi peserta vokasi yakni pernah menjadi peserta BPJAMSOSTEK minimal satu tahun, status kepesertaan non aktif dan diutamakan belum mengambil saldo Jaminan Hari Tua (JHT) dan usia maksimal 40 tahun," ujarnya.

    Dia menjelaskan bagi peserta BPJAMSOSTEK tersebut akan diberikan vokasi sebanyak satu kali, di mana keuntungan vokasi ini, peserta akan mendapatkan uang saku dan sertifikat.

    "Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan nantinya tenaga kerja tersebut mampu kembali bersaing untuk mendapatkan pekerjaan ataupun berwiraswasta sehingga bisa mengurangi angka pengangguran akibat PHK oleh pemberi kerja," katanya lagi.

    Sekadar diketahui, vokasi atau yang lebih dikenal di masyarakat dengan sebutan pelatihan kerja merupakan upaya pemerintah untuk membentuk sumber daya manusia yang unggul dan tangguh sesuai dengan program kerja Presiden Joko Widodo.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer