• Breaking News

    Kapolda Papua Siap Amankan Pilkada Dengan Melibatkan TNI dan Masyarakat

    Kapolda Papua Siap Amankan Pilkada Dengan Melibatkan TNI dan Masyarakat

    Kepolisian Daerah Papua telah menyiapkan 2.577 personel gabungan untuk mengamankan pesta demokrasi yang akan digelar 9 Desember 2020. Ribuan personel ini akan disebar ke 11 daerah yang menyelenggarakan Pilkada.

    “Pada prinsipnya Polri dibantu TNI siap mendukung penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 di 11 kabupaten  di Papua, 9 Desember mendatang. Kekuatan yang kami rancang atau disiapkan dalam rangka Pilkada ini 2.577 personel untuk 11 kabupaten,” kata Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpauw, Selasa (7/7/2020).

    Dalam keterangan persnya usai pertemuan dengan penyelenggara Pemilu yang dikemas dalam coffe morning di Mapolda Papua, Waterpauw merinci jumlah personel yang terlibat dalam pengamanan Pilkada serentak tersebut.

    Adapun rincian dimaksud meliputi, 813 personil Polda Papua, 627 personel BKO TNI dan 500 personel Brimob Nusantara. Selain aparat TNI dan Polri, Polda Papua juga melibatkan 7.174 personel dari Perlindungan Masyarakat (Linmas).

    “Jadi ada bantuan dari TNI juga, kemudian untuk Brimob Nusantara, nanti akan minta ke bapak Kapolri,” tuturnya.

    Menanggapi penyampaian tersebut, Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI Bambang Trisnohadi menyatakan, TNI siap membantu Polri dalam pengamanan Pilkada di Papua.

    “Saya mewakili bapak Panglima menyampaikan komitmen kami TNI bahwa kita bersinergi dengan Polri dan stakeholder lain siap mengawal dan mengamankan pesta demokrasi Pilkada Papua 2020,” tegasnya.

    Kodam Cenderawasih juga telah kekuatan sekiitar 2.500 personel baik dari jajaran Kodam maupun Korem 172/Praja Wira Yakthi, Korem 173/Praja Vira Braja dan Korem 174/Anim Ti Waninggap hingga TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara.

    “Kita bertanggung jawab juga menertibkan masyarakat yang mengikuti pesta demokrasi ini agar tetap aman dan tidak menambah jumlah positif Covid-19. Sekali lagi kami juga berperan dalam sosialisasi dan penertiban serta pendisiplinan terkait protokol Covid-19,” terangnya.

    Bambang juga menyatakan kesiapan TNI dalam rangka mendukung dan membantu distribusi logistik Pemilu ke daerah terpencil maupun daerah kepulauan.

    “Kami siap membantu hal-hal penting seperti distribusi logistik dengan alutsista yang ada baik Kodam Lanud maupun Lantamal, kami siap apabila dibutuhkan,” katanya.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer