• Breaking News

    Pemprov Tetap Galakkan Program Pemgembangan SDM Papua




    Pj Sekda Papua, Doren Wakerkwa menyebutkan bahwa terdapat beberapa program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dilakukan Pemerintah Provinsi Papua di tahun 2020 ini. Di antaranya, program Beasiswa Afirmasi Siswa Unggul Papua 2020 bidang umum jalur seleksi penerimaan lulusan SMA dengan kuota penerimaan 100 orang.

    Kemudian, program Beasiswa Afirmasi Siswa Unggul Papua 2020 bidang vokasi jalur seleksi penerimaan lulusan SMK Tahun 2016 – 2020 dengan kuota 150 orang. Adapula, program Beasiswa Afirmasi Dokter Spesialis Orang Asli Papua dengan kuota awal 40 Orang.

    “Hasil-hasil yang sudah dicapai dalam tahun 2020, di mana program Beasiswa Afirmasi Siswa Unggul Papua Jalur SMA berhasil menjaring 107 Orang Lulusan SMA tahun 2020 untuk dipersiapkan selama satu tahun guna menempuh pendidikan sarjana berbagai jurusan di luar negeri,” jelas Doren Wakerkwa, Selasa (29/12) lalu.

    Lalu, program Beasiswa Afirmasi Siswa Unggul Papua Bidang Vokasi berhasil menjaring 133 orang lulusan SMK Tahun 2016 – 2020 untuk dipersiapkan mengikuti Program Pelatihan atau Training pada Akademi-Akademi Kejuruan/Vokasi di Australia dengan rencana masa studi bervariasi antara satu sampai dengan tiga tahun.

    “Sedangkan untuk Program Beasiswa Afirmasi Dokter Spesialis Orang Asli Papua menerima sebanyak 28 orang di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, ditambah 2 orang lainnya yang telah lebih dulu lulus dan diterima, masing-masing di FK Universitas Gadjah Mada dan FK Universitas Udayana,” tambahnya.

    Jumlah Peserta Calon Dokter Spesialis diterima melalui seleksi program ini pada tahun 2020 adalah sebanyak 30 Orang.  Penerimaan dan pembiayaan calon dokter spesialis sejak tahun 2019 – 2020 yang dilaksanakan secara mandiri dengan hasil penerimaan 3 orang, di antaranya 1 orang diterima di FK Universitas Diponegoro, 1 orang di FK Universitas Gadjah Mada, dan 1 orang lagi di FK Universitas Udayana.

    ‘’Total tanggungan pembiayaan beasiswa dokter spesialis untuk dimulai di tahun 2021 sebanyak 33 orang penerima beasiswa,” pungkasnya.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer