• Breaking News

    28 ribu bibit siap hijaukan kembali Cagar Alam Cycloop

    28 ribu bibit siap hijaukan kembali Cagar Alam Cycloop

    Pemuda dan Pengelola Sekolah Minggu Gereja Baptis Yahim menyiapkan sebanyak 28 ribu bibit tanaman untuk menghijaukan kembali areal Cagar Alam Cycloop. Sebagai tahap persiapan, mereka telah membersihkan lahan di lokasi penanaman.
    .
    “Ini merupakan kegiatan  ketiga (dalam) pembersihan lahan dan jalur (penanaman) serta penancapan tiang (pancang). Rencananya, penanaman dilaksanakan pada Senin atau Selasa,” kata Gembala Sidang Jemaat Gereja Baptis Yahim Pendeta Yonas Kalem, Kamis (6/2/2020).
    .
    Pembersihan lahan dan persiapan terakhir penanaman tersebut dilaksanakan selama tiga hari. Kegiatan itu juga diikuti para anggota Persekutuan Wanita Gereja Baptis Yahim.
    .
    “(Keberadaan) pohon sangat penting bagi keberlangsungan hidup dan kehidupan manusia. Karena itu, kami libatkan jemaat dan pemuda (Gereja) serta sekolah Minggu agar mereka belajar mengenai (peduli terhadap) manfaat pohon,” ujar Yonas.
    .
    Yonas berharap keberadaan pohon terus dijaga dan dilindungi setelah ditanam. Dia tidak ingin pohon tersebut bernasib serupa dengan program penghijauan yang sering dilakukan pemerintah selama ini.
    .
    “Terkadang itu (program penghijauan) putus (berhenti) sampai di penanaman. Lahan (setelah itu) tidak diperhatikan lagi sehingga rumputnya tinggi dan pohon banyak mati. Kalau bisa, perawatan dilakukan sampai pohon menghasilkan (berproduksi),” jelasnya.
    .
    Pihak Gereja Baptis Yahim mendatangkan bibit dari daerah sekitar Sentani, Abepura, dan Pulau Jawa untuk penghijauan di Cagar Alam Cycloop. Bibit tersebut rencananya ditanam di hamparan sepanjang 500 meter.
    .
    “Lahan penanaman telah dibersihkan. Jarak tanam (setiap pohon) sekitar 4×8 meter,” kata koordinator kegiatan Boy Kogoya.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer