• Breaking News

    Jokowi: Membangun Indonesia dari Papua

    Membangun Indonesia Dari Pinggiran

    Salah satu cita nawacita adalah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Berangkat dari cita-cita tersebut, Pemerintahan Jokowi melakukan pembangunan secara masif yang tersebar di Nusantara dan menyasar hampir segala sektor.
    .
    Pembangunan Tanah Papua merupakan salah satu prioritas utama dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo. Komitmen ini diwujudkan melalui Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2017 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat.
    .
    Strategi pembangunan Tanah Papua adalah pemerataan. Dimulai dengan pembangunan sumber daya manusia, peningkatan pelayanan dasar di tingkat kampung, distrik dan kabupaten, pembangunan lanjutan di daerah pegunungan dan terpencil serta subsistensi pangan lokal di wilayah paling tertinggal.
    .
    Prioritas utama dalam pembangunan Tanah Papua adalah pembangunan sumber daya manusia dengan mengedepankan 3 sektor utama; pendidikan, kesehatan serta penghidupan dan ketahanan pangan. Hal ini sejalan dengan program yang telah dilakukan oleh pemerintah selama ini untuk menjamin peningkatan kesejahteraan berkelanjutan bagi masyarakat Papua dan Papua Barat.
    .
    Presiden Joko Widodo menekankan 5 sektor utama dalam pembangunan Tanah Papua, yaitu sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi lokal, konektivitas infrastruktur dan tata kelola pemerintahan yang merupakan inti dari Inpres Nomor 9 Tahun 2017. Oleh karena itu, pada tahun 2019, alokasi APBN ke Papua ditingkatkan menjadi Rp62 triliun dan ke Papua Barat menjadi Rp28,34 triliun.
    .
    Hasil upaya pemerintah dalam mewujudkan pembangunan Indonesia-Sentris ini semakin terlihat dari peningkatan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Papua dan Papua Barat dari 57,25 di tahun 2015 menjadi 59,09 di tahun 2017.
    .
    Jokowi mengaku ingin membangun infrastruktur di Tanah Papua lebih cepat. Hal itu dilakukan demi menjangkau efektivitas warga dan pergerakan ekonomi masyarakat Papua. Papua sendiri berulang kali disebut Jokowi sebagai surga kecil yang jatuh ke bumi.
    .
    "Ketimpangan, terutama infrastruktur, konektivitas akan terus kita kejar. Agar Indonesia bagian barat, Indonesia bagian tengah, dan Indonesia bagian timur memiliki sebuah persamaan, jangan sampai terlalu berbeda sekali," kata dia.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer