• Breaking News

    Negara Berikan Hak Khusus untuk Seluruh Pelajar Papua

    Negara Berikan Hak Khusus untuk Seluruh Pelajar Papua

    Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD membuka Konferensi Papua 2019. Dalam sambutannya, Mahfud menyinggung adanya hak khusus yang diberikan pemerintah bagi seluruh pelajar Papua.
    .
    Yakni, berupa akses lebih mudah bagi pelajar Papua untuk menimba ilmu. Hak itu berlaku bagi siswa yang belajar di Papua maupun di luar Papua. Hak itu disebut pendidikan afirmasi.
    .
    “Jadi bagi penduduk luar Papua harus melewati standar tes yang ada sebelum masuk perguruan tinggi negeri di Papua,” ujar Mahfud di hotel JW Mariot, Jakarta Selatan, Selasa (17/12).
    .
    Tapi, lanjut Mahfud, bagi pelajar SMA Papua langsung diberi jatah masuk ke perguruan tinggi negeri di seluruh indonesia mulai dari UI, UGM, ITN, IPB dan seluruh perguruan tinggi.
    .
    Meski terdengar tak adil, hal yang disebutnya sebagai Affirmative Policy atau kebijakan afirmasi yang memang menghadirkan ketidakadilan untuk menghadirkan keadilan bagi pihak lain.
    .
    Harapannya, dengan sistem ini bisa secara efektif menekan ketimpangan yang terjadi di Papua. Terutama di bidang pendidikan. “Jadi afirmasi itu kalau dari sudut konstitusi artinya perbuatan yang tidak adil untuk membangun keadilan. Jadi berlaku tidak adil dulu untuk tercapai keadilan,” ucap Mahfud.
    .
    “Misalnya Papua diberi anggaran yang besar, anak Papua boleh sekolah dengan mudah tanpa tes yang standar, itu kan tidak adil kalau mau adil ya enggak bisa, maka dibuat dulu ketidakadilan agar dapat mencapai keadilan yang lain itulah afirmatif policy,” sambungnya.
    .
    Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menerangkan, penerapan sistem seperti ini merupakan hasil berkaca pada keberhasilan negara luar dalam menangani ketimpangan sosial.
    .
    “(Kebijakan) Dilakukan tidak hanya di Indonesia, di Amerika Serikat soal pemberian jatah kursi tentu untuk orang kulit hitam di sekolah-sekolah pemerintah,” tegasnya.
    .
    Selain itu, lanjut Mahfud, sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu melihat potensi tersembunyi dari warga dan wilayah Papua yang sebetulnya bisa dikembangkan secara maksimal. Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur dan SDM harus dilakukan secara masif.
    .
    “Dalam lima tahun ini pemerintah telah melakukan sentuhan pembangunan di semua sektor, pembangunan di tanah papua sesuai dengan potensi wilayah yang ada,” pungkas Mahfud.

    Tidak ada komentar

    iklan

    TesTer